Pages

Subscribe:

Labels

Sample Text

Labels

Labels

peringkat blogger adjis

tab 1 - Click >> Edit

animasi spiderman

Labels

Labels

Labels

tab 3 - Click >> Edit

tab 2 - Click >> Edit

Tab 4 - Click >> Edit

About Me

Foto Saya
adjis alamsyah
Lihat profil lengkapku

Followers

.......


You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Main Menu

animasi

belajar dengan giat

tv online

Senin, 09 Januari 2012

Cara menjaga kesehatan bibir

Cara menjaga kesehatan bibir

Bibir merupakan bagian terpenting pada manusia, oleh karena itu keindahan bibir selalu dijaga, terutama oleh para kaum wanita. Wanita sangat menjaga kecantikan bibir karena bibir sangat menentukan nilai-nilai artistik fisik seorang wanita.

Mungkin anda pernah melihat bahwa beberapa wanita mengabaikan kecantikan bibirnya, namun berbeda pula sebaliknya, banyak wanita rela berbuat apapun untuk mendapatkan kecantikan bibirnya, meraka rela melakukan apapun agar bibir terlihat seksi.

Kenapa perlu kesehatan bibir?

Anda bisa membayangkan disaat bibir anda sedang kering dan terkelupas, benda yang bersentuhan dengan bibir akan menimbulkan rasa perih, makan dan minum seakan tidak nikmat lagi, hal ini mungkin akan menyisa anda, begitujuga dengan aktivitas lainnya, berbicara, tertawa atapun aktivitas yang lainnya.

Kulit bibir pecah-pecah menimbulkan pendarahan, beberapa orang menyatakan hak tersebut sebagai gejala panas dalam, saat mengalami hal ini banyak orang minum minuman dingin dan mengkonsumsi obat panas dalam.

Bibir pecah-pecah adalah salah satu indikasi dari perlakuan tidak tepat pada bibir. Atau bisanya bibir sedang dalam tahap mengelupas secara bertahap, lalu berganti kulit baru, itu merupakan gejala alamiah biasa.

Warna bibir akan bergantung pada factor keturunan, meskipun demikian, factor keturunan tidak selalu berperan aktif. Seorang orang tua memiliki bibir kehitaman namun tidak menurunkan hal ini pada anaknya, bisa saja gejalanya muncul karena kebiasaan buruk.

Cuaca dapat mempengaruhi kondisi permukaan bibir anda, mereka yang tinggal pada daerah rendah akan cenderung memiliki bibir kering, rendahnya kelembapan menyebabkan hal ini, oleh karenanya bibir akan mengalami kering dan mengelupas.

Selain cuaca, Hormon juga berpengaruh, Fakto hormone Estrogen pada perempuan berpengaruh pada bibir. Mereka yang memiliki estrogen cukup, bibir tampak halus dan sehat. estrogen yang berlebih dapat mengundang menyebabkan warna bibir cenderung hitam

Para perokok akan memiliki bibir yang tidak sehat. Panas rokok mengenai bibir sehigga sel-sel darah merah jadi “terpanggang” dan mengalami kematian.

Apakah anda pernah mengalami gatal-gatal pada kulit bibir?

Selain karena makanan gejala alergi dapat muncul karena zat kimia yang terkandung dalam lipstick. Jika kondisi ini parah maka dapat menimbulkan bercak pada kulit bibir. Oleh karena itu, sebelum tidur ada baiknya agar anda membersihkan bibir anda dari bahan bahan kimia yang terdapat pada lipstick. Pemilihan lipstick yang cocok sangatlah penting untuk bibir anda.

menjaga kesehatan tubuh

Tips menjaga kesehatan tubuh

Tips menjaga kesehatan tubuh – Dalam menjalankan aktifitas yang padat dalam keseharian kita. Kita perlu menjaga kesehatan kita agar kita tetap sehat dan bugar jasmani maupun rohani. Karena dalam setiap aktifitas kita yang padat dan dalam keadaan sehat maka kita cenderung akan melupakan tentang menjaga kesehatan bagi rohani maupun jasmani kita. Terlalu penting dalam menjaga kesehatan kita, karena banyak orang diluar sana yang rela berkoraban jutaan rupiah hanya karena mengnginkan kesehatan (makanya bisa dibilang sehat itu mahal).

Dalam menghadapi pola kita yang sering lalai menjaga kesehatan, kami akan memberi solusi agar pola dalam keseharian kita menjadi pola hidup yang sehat. Aktivitas daan kegiatan tersebut termasuk dalam penerapan pola idup sehat. Seperti :

1. Hindari kebiasaan barang candu.

Hal ini yang sering kita lalaikan dalam kehidupan karena banyak yang menganggap hal tersebut merupakan perbuatan yang keren. Seperti pecandu rokok, miras (minuman keras), narkoba, ganja, obaat penenang dan lain sebaginya. Padahal dalam kebiasaan tersebut banyak menimbulkan hal-hal yang negatif.

Bayangkan saja jika kita kecanduan salah satu barang haram diatas. Kita akan banyak mengeluarkaan uang yang hanya ingin menikmati barang tersebut. Sama saja kita menimbun banyak penyakit dalam diri kita. Apalagi jika penyakit tersebut sudah menggerogoti tubuh kita, maka kita akan banyak mengeluarkan uang lagi yang hanya menginginkan kesehatan. Memang dalam jangka dekat-dekat belum berdampak apa-apa akan tetapi dampak itu jika kita sudah udzur atau tua.

Dalam menggunakan barang haram tersebut pertama kita akan mendapatkan dosa besar, kedua efeknya bukan berdampak dalam diri kita saja akan tetapi orang tua, keluarga, teman, paacar, atau sekolah. Berusahalah hindari atau berhenti dalam kecanduan barang haram ini.

2. Hindari hubungan seks di luar nikah.

Nafsu dalam hal ini menjadi peran utama. Karena nafsu merupakan sifaat yang dimiliki setiap orang. Tapi ingat jangan sampai hidup unutk nafsu, tapi buatlah nafsu untuk bertaahaan hidup. Seks merupakan hal yang menyenangkan baagi setiap orang. Namun alangkah terhormatnya jika kita berhubungan seks ketika sudah dalam ikatan pernikahan. Kebanyakan ngeseks memang disepelekan bagi pasangan yang sudah terbiasa melakukannya ataupun bagi orang yang mudah terangsang tanpa iman yang kuat.

Banyak dampak yang akan terjadi dalam pergaulan bebas ngeseks diluar nikah. Seperti :

-Hamil di luar nikah dan si laki-laki lari dari tanggungjawab.
-Terkena penyakit menular seperti AIDS yang tak ada obatnya.
-Dosa besar kepada Tuhan.
-Dikucilkan dari pergaulan dan masyarakat.
-Digrebek polisi / satpol pp / hansip.
-Dibunuh pacar sendiri, diperkosa, dsb.
-Ketagihan akan orgasme dan berkembang ke tahap yang membahayakan.
-Awal dari kegiatan bodoh nomor 1 di atas.
-Susah mendapat jodoh ketika mau serius nikah.
-Berbohong pada orang tua, keluarga, kerabat, teman, dsb.
-Dan masih banyak lagi akibat buruknya.

Tujuan dari seks untuk mendapatkan klimaks / orgasme banyak didewakan oleh banyak orang yang tersesat dan mereka akan mencari korban lain untuk diajak dan diseret ke dalam lembah hitam tersebut. Jika berhbungan dengan lawan jenis maupun sesama jenis tanpa ikatan pernikahan sebaiknya jangan melihat sisi enaknya saja kalau ngesex, tapi lihat sisi negatifnya yang sangat banyak. Anda akan jijik melakukannya.

3. Makan Makanan Yang Sehat Dan Sesuai Aturan

Makanan enak belum tentu sehat. Banyak makanan serta minuman yang berbahaya dan tidak sehat apabila dikonsumsi. Contohnya seperti penggunaan boraks dan formalin sebagai pengawet makanan dan minuman yang seharusnya digonakan untuk mengawetkan mayat / jenazah / bangkai.

Kalau jajan jangan sembarangan. Belilah makanan dan minuman di tempat yang dapat terjamin kebersihan / higienitas makanan minuman tersebut. Hati-hati dan selalu waspada terhada apa pun yang akan kita masukkan ke dalam mulut kita karena bisa saja minuman atau makanan yang kita beli dan siap disantap tersebut telah dicampur dengan zat beracun yang berbahaya seperti arsenik, obat tidur, racun seangga, racun tikus, pengewet bukan untuk makanan dan minuman, dan lain sebagainya. Lihat pula kebersihan tempat serta pengolahan dan pemilihan bahan baku makanan / minuman.

Jangan mudah tergoda dengan iklan di tv, radio, surat kabar, majalah, sales, dan lain sebagainya. Terkadang produsen pun berbohong demi mendapatkan keuntungan yang besar dan bekerjasama dengan oknum pemerintah agar tutup mulut.

Makan makanan dan minuman yang bergizi yang disesuaikan dengan kondisi tubuh, aktivitas serta usia kita. Makan sebelum lapar dan berhenti makan sebelum kenyang adalah kebiasaan yang baik. Jangan pernah lupa dengan empat sehat lima sempurna yang sering kita dengar dari dulu kala. Makan dengan asupan gizi seimbang karena apa yang kita makan akan merepresentasikan diri kita di masa yang akan datang.

4. Menjaga Kebersihan Diri Sendiri Dan Lingkungan Sekitar Kita

Kebersihan diri sendiri perlu diperhatikan dan dijaga dengan baik karena terkait / berkaitan erat dengan penampilan kita di masyarakat umum. kerapihan dan kebersihan badan seperti rambut, kuku, wajah, mata, telinga, kulit, mulut, gigi, tangan, kaki, dll dapat memberi efek pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Hindari bertukar peralatan mandi, bersolek, kesehatan, pakaian pribadi dengan orang lain karena mungkin dapat menularkan penyakit yang berbahaya.

Bayangkan saja kalau ada orang sakit gigi akut bisa menyebabkan dia tidak masuk kantor berhari-hari karena rasa sakitnya yang tidak tertahankan. Orang yang memiliki penampilan serta gaya yang jorok akan dijauhi dari pergaulan sehari-hari dan akan sulit mendapat teman, pacar, jodoh, pekerjaan, kepercayaan dan lain-lain.

Jaga kebersihan lingkungan dari sampah dan gangguan penyakit lingkungan karena lingkungan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Sampah yang menimbun dan membusuk mampu mengeluarkan bau yang tidak sedap / enak, pemandangan yang kumuh / kotor, bunyi lalat yang beterbangan, suara sumpah-serapah orang yang berada disekitarnya, dan lain sebagainya.

Sampah juga bisa menjadi sarang penyebar penyakit seperti tikus yang menyebarkan penyekit leptospirosis melalui kencing tikus serta tipes / tipus. Nyamuk juga bisa menyebarkan bibit plasmodium yang dapat berkibat melaria dan demam berdarah pada seseorang. lalat yang menebar bakteri dan virus yang menyebabkan penyakit pencernaan seperti beri-beri, mencret, diare, dan sebagainya.

Polusi seperti limbah sampah dan wc rumah tangga, limbah pabrik, polusi suara, dan polusi lainnya perlu diselesaikan dengan sigap dan terkoordinir dengan baik antar anggota masyarakat di suatu lingkungan agar menghasilkan hasil lingungan bersih dan nyaman yang baik

5. Berolahraga Dan memeriksakan Kesehatan Ke Dokter Secara Berkala

Berolah raga secara teratur dapat memacu jantung, pernafasan dan peredaran darah menjadi lebih baik. Biasakan berolah raga setiap hari dengan kegiatan yang ringan seperti berjalan kaki, senam, fitnes, joging, bersepeda, atau melakukan olah raga penuh seperti main badminton, sepak bola, lari maraton, tenis, bola basket, dan lain sebagainya.

Selain olah raga ada lagi yang tidak kalah pentingnya dengan olahraga yaitu periksa kesehatan berkala secara teratur ke dokter. Guna pemeriksaan kesehatan terprogram adalah agar penyakit atau kelainan yang timbul dapat terdeteksi dengan lebih cepat sehingga pengobatan pun tidak akan memakan banyak biaya, waktu dan tenaga.

6. Hindari Stress Yang Berlebihan Dengan Cara Yang Sehat Dan Halal

Untuk menghindari stress diperlukan strategi untuk masing-masing individu. Carilah cara yang terbaik untuk menghilangkan stress dengan cara anda sendiri yang mudah, dapat dilakukan di mana-mana, murah meriah, sehat, halal, dan enak dilakukan. Contoh aktivitas penghilangan stres adalah seperti mendengarkan musik yang menurut pribadi enak didengar dan ngilangin beban pikiran yang ada, main video game, main musik musik, olah raga, ngobrol ama temen sobat karib, curhat, maen kartu non judi, pacaran sehat, makan, melakukan hubungan suami isteri / intim dengan pasangan yang sah, nongkrong di wc, jalan-jalan ke mall, nyanyi, main mainan anak kecil, berkebun, mancing, teriak di tempat sepi, tidur / bobo, dan lain sebagainya.

Intinya dalam hidup anda adalah nyantai aja dengan semua problema yang ada. Buat apa susah (stres), susah itu tak ada gunanya. Emosi anda jangan sampai menjadi jahat dan menguasai diri anda, karna emosi yang tidak terkendali dan terkadang menjadi dendam, sakit hati, dan lain sebagainya yang terlihat bodoh bagi orang lain. Ada masalah / problem yang bisa bikin anda depresi cuek aja lah, kayak nggak ada kerjaan laen saja.

Tidur yang cukup, dekatkan diri dengan Tuhan Yang Maha Esa sesuai agama dan kepercayaan masing-masing asal tidak jahat, serta melaksanakan program pola hidup sehat dapat mencegah stres maupun depresi yang apabila sudah parah dan kronis bisa menjadi gangguan jiwa dan penyakit jiwa yang membuat anda perasa tertekan dan malu pada orang banyak. Konsultasikan dengan psikolog jika anda memiliki masalah kejiwaan atau orang lain yang anda percaya jika anda malu. Buka hati anda untuk menerima kritik, masukan dan saran dari orang lain dan rubah gaya hidup anda jika diperlukan demi kesehatan jiwa / batin anda.

tips kesehatan badan lemas letih lesu dan tidak bersemangat

Step 1

Cek dulu kondisi tubuhmu!

Susah bangun pagi! lesu saat belajar,kerja ? langsung menuju tempat tidur? kalau semua kamu banget, better check this one!

Kamu Kecapean…

Sensitif + gakk fokus
Sakit tenggorokan + demam
Moody, sedih, ato gak punya motivasi
Kulit pucat + pusing

Bisa jadi karena…

Gak cukup tidur
Mononucleosis
Depresi
Kekurangan zat besi, Anemia
Yang harus kamu lakukan..

Tubuh butuh tidur 9 jam, latih untuk bangun dan tidur pada jam yang sama sehingga dapetin istirahat yang berkualitas.
Kalau tenggorokan mudah sakit , cek ke dokter soalnya MONONUCLEOSIS itu adalah virus yang menginfeksi kelenjar getah bening.
Sesekali merasa sedih itu wajar, tapi kalau sampe kehilangan napsu makan cek ke dokter. Terapi dan Meditasi bisa membantu.
Pola makan dengan sedikit zat besi akan membuat sirkulasi oksigen dalam tubuh terhambat dan tubuh terasa capek! konsumsi vitamin zat besi, plus daging merah dan kacang2an.
Step 2

Singkirkan BAD habits!

KEBANYAKAN TIDUR tidur memang berguna untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak. tapi jarang melatih otot dan kemampuan otak bisa bikin kamu merasa capek. Bangun tidur bukannya jadi seger, tapi malah lemes seharian.
JUNK FOOD makanan gorengan bikin tubuh kamu perlu waktu dan energi ekstra buat mencernanya. sedangkan buah , sayuran dan gandum justru memberikan energi.
MARATON FILM sambil nonton TV, lakukan lompat tali selagi tayangan iklan komersial buat meningkatkan energi. soalnya, duduk diam bikin kamu terus terjaga walau sudah waktunya tidur.
KURANG MINUM peran air buat tubuh sangat vital. dari tugasnya yang mengangkut vitamin plus oksigen ke sel-sel tubuh sampai melumasi persendian tulang sebagai kerangka tubuh yang bikin kamu bisa bergerak bebas. lagipula, air juga berfungsi membantu metabolisme lemak dalam tubuh. yang artinya, juga membantu menurunkan berat badan. tunggu apa lagi? rajin minum mulai sekarang, yuk!!
Step 3

JUST RELAX!

Soalnya saat stress tubuh melepaskan hormon yang bikin kamu merasa capek, cepet marah, dan susah buat fokus. riset jg mengatakan, mereka yang punya tingkat stress lebih tinggi lebih sering terkena demam. wah, jauh2 deh dari stress!

Cara kilat untuk RILEKS

Create privacy. tutup pintu kamar, matikan instant mesanger dan juga HP kamu supaya bisa istirahat tanpa gangguan.
Find your release. pilih aktivitas yang bukan tugas harian, yang bikin kamu merasa santai seperti mendengarkan musik, maen bareng hewan peliharaan. pilih yang pas buat kamu. pasti mood kamu baik!
Set an alarm. Dengan cara ini, kamu gak harus melihat jam buat tahu kapan waktu istirahat singkatmu berakhir.
Step 4

Makanan sehat

Makanan pengusir lelah! kacang-kacangan, bayam, tuna, stroberi, nanas, susu rendah lemak yang kaya vitamin C.
Makanan peningkat mood! ikan,kerang,daging sapi, daging ayam, telor, tahu, tempe , yogurt yang tinggi kandungan proteinnya.
Makanan pengusir rasa cemas! ikan salmon, tuna, karamel, gandum, beras merah, kentang, buah-buahan, brokoli, labu, kacang-kacangan.

Manfaat Konsumsi Buah Untuk Kesehatan Badan

Manfaat Konsumsi Buah Untuk Kesehatan Badan


Manfaat Konsumsi Buah Untuk Kesehatan Badan – Khasiat Buah Untuk Tubuh – Banyak sekali khasiat beberapa buah yang bisa menyehatkan kita, hal ini memang sesuatu yang alami sangat cocok sekali untuk mencukupi kadar vitamin dalam tubuh kita, ternyata ada juga yang menjadikan buah untuk terapi menurunkan berat badan secara alami.

Kabar terbaru yan beredar pepaya bisa juga di buat masker wajah, nda mungkin berpikir kalau buah hanya unutk penutup makanan atau juga hanya sebagai penyegar disaat suasana panas. bahkan buah juga sering dikonsumsi oleh anda yang sedang diet. tapi anda belum tahu bukan bahwa ada 3 buah dengan seribu manfaat, yaitu :

1. kulit buah peach membuat kulit bersih dan kencang
walau harganya agak mahal,buah peach bermanfaat untuk mencerahkan kulit anda. setelah mengupas dan memakannya jangan buang kulitnya.oleskan kulit buh peach bagian daging di balik kulitnya secara perlahan pada wajah dan pijat perlahan. cairan yang terkandung pada kulit buah peach ini akanmembersihkan pori-pori anda. selain itu cairan tersebut mengandung zat astrigent alami sehingga dapat membuat kulit wajah menjadi kencang,sehingga menunda timbulnya kerut-kerut penuaan. diamkan beberapa saat lalu bilas dengan bersih.

2. tangerin atasi kulit kusam
nama lain dari tangerin adalah jeruk keprok. jeruk keprok atau jeruk biasa juga bisa digunakan untuk mencerahkan kulit wajah yang kusam. anda hanya cukup membasahi wajah dengan air perasan jeruk segar setiap mslsm. biarkan selama 5 menit,lalu bilas dengan bersih.

3. jus semangka untuk kulit cerah
jus semangka juga bisa membuat kulit anda menjadi lebih cerah. caranya: jus beberapa potong semangka,lalu oleskan jus tersebut secara merata pada wajah dan leher,diamkan selama 15 menit. bilas dengan air hangat diikuti dengan air dingin.

Mudah dan gampang didapat bukan. hanya dengan 3 macam buah anda sudah bisa mendapatkan seribu manfaat untuk kesehatan anda. kulit jadi kelihatan lebih terawat dan menawan, baca artikle kami yang lain tentang khasiat kunyit.

Tips Bersepeda bagi kesehatan

Manfaat Bersepeda
Hasil yang didapat dari bersepeda terutama akan mengencangkan otot bagian bawah seperti betis, paha dan pinggul. Bersepeda mampu membakar kalori sebanyak 300 sampai 700 kalori setiap jam. Jadi, akan berguna untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, bersepeda dapat meningkatkan volume paru-paru sampai 50% sehingga oksigen yang dapat ditampung lebih banyak.

Untuk penderita obesitas, bersepeda merupakan olahraga yang dianjurkan karena bersepeda relatif aman dibandingkan kebanyakan olahraga yang mengharuskan berlari atau melompat. Benturan akibat berlari atau melompat dapat menyebabkan cedera kaki, pinggang, punggung bagi mereka yang obesitas karena berat badan yang berlebih membuat benturan semakin keras. Bersepeda juga baik untuk mereka yang memiliki sakit jantung.

Salah satu alasan bersepeda menjadi olahraga yang menarik adalah karena bersepeda dapat menjadi salah satu cara relaksasi. Menikmati pemandangan secara santai dan merasakah hembusan angin dapat menjadi salah satu sarana rekreasi yang menyegarkan. Jadi Anda dapat sehat secara fisik plus menyegarkan pikiran.



Tips Membeli Sepeda
Tertarik untuk mencoba bersepeda? Bagi Anda yang belum memiliki sepeda, langkah utama adalah dengan membeli sepeda untuk digunakan. Ada berbagai model sepeda dalam ukuran yang berbeda. Agar mendapatkan sepeda yang nyaman, coba perhatikan hal-hal berikut saat memilih sepeda yang akan dibeli:

Sadel sepeda hendaknya nyaman untuk diduduki dan dalam ukuran yang pas.
Pilih sepeda dengan tinggi sadel yang disesuaikan dengan tinggi badan Anda. Sadel hendaknya tidak terlalu tinggi karena akan menyulitkan saat harus mengayuh juga dapat menyebabkan bagian paha menjadi luka. Sadel yang terlalu rendah juga sebaiknya dihindari karena membuat kaki harus menekuk terlalu banyak dan membuatnya terasa pegal. Walau sadel sepeda mungkin dapat ditinggikan dan direndahkan, tetapi pastikan bahwa tinggi maksimal dan minimal sesuai dengan kondisi Anda. Idealnya tinggi sadel dan tinggi stang sepeda sejajar.



Tips Bersepeda
Agar dapat mendapatkan manfaat yang maksimal dan terhindar dari cedera, beberapa hal harus diperhatikan, yaitu:

Pastikan bagian-bagian penting dari sepeda seperti rem dan ban dalam kondisi yang aman sehingga tidak akan mengganggu perjalanan atau menimbulkan kecelakaan.
Untuk menghindari resiko cedera, lakukan sedikit pemanasan khususnya untuk meregangkan otot-otot bagian bawah seperti pinggang, paha dan betis.
Sebagai penambah keamanan saat bersepeda, Anda dapat mengguunakan perlengkapan pelidung seperti helm, sepatu, kaos kaki, sarung tangan, kacamata atau perlengkapan lain yang diperlukan.
Saat memulai mengayuh sepeda, lakukan dulu dengan kecepatan perlahan selama 5-10 menit sebagai cara untuk pemanasan dan menyesuaikan dengan sepeda.
Saat mengayuh sepeda, usahakan agar Anda mengayuh pedal satu putaran penuh.
Kecepatan yang dianjurkan untuk kesehatan adalah 27 km/jam dan putaran roda 70 putaran per menit (rpm)
Selesai bersepeda, lakukan lakukan pendinginan dengan mengayuh sepeda secara perlahan selama kurang lebih 10 menit.

Selain untuk kesehatan, menggunakan sepeda juga dapat mengurangi polusi udara akibat penggunaan kendaraan bermotor. Asap kendaraan dapat membuat lingkungan tercemar. Sebaiknya gunakan sepeda saat Anda harus berpergian ke tempat yang memungkinkan dijangkau dengan sepeda. Bahkan, ada pula komunitas yang bernama "Bike to Work" menggunakan sepeda untuk berangkat kerja setiap hari.

Melihat banyaknya hasil positif dari bersepeda, tidak ada salahnya untuk mengayuh sepeda Anda.

Manfaat Bersepeda bagi kesehatan

Manfaat Bersepeda
Hasil yang didapat dari bersepeda terutama akan mengencangkan otot bagian bawah seperti betis, paha dan pinggul. Bersepeda mampu membakar kalori sebanyak 300 sampai 700 kalori setiap jam. Jadi, akan berguna untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan. Selain itu, bersepeda dapat meningkatkan volume paru-paru sampai 50% sehingga oksigen yang dapat ditampung lebih banyak.

Untuk penderita obesitas, bersepeda merupakan olahraga yang dianjurkan karena bersepeda relatif aman dibandingkan kebanyakan olahraga yang mengharuskan berlari atau melompat. Benturan akibat berlari atau melompat dapat menyebabkan cedera kaki, pinggang, punggung bagi mereka yang obesitas karena berat badan yang berlebih membuat benturan semakin keras. Bersepeda juga baik untuk mereka yang memiliki sakit jantung.

Salah satu alasan bersepeda menjadi olahraga yang menarik adalah karena bersepeda dapat menjadi salah satu cara relaksasi. Menikmati pemandangan secara santai dan merasakah hembusan angin dapat menjadi salah satu sarana rekreasi yang menyegarkan. Jadi Anda dapat sehat secara fisik plus menyegarkan pikiran.

kesehatan badan 1

kesehatan badan
Pembunuh Ganas Perempuan Indonesia ke-2 : Penyakit Kanker Payudara (Breast Cancer)
By Yunan Shalimow on May 25, 2010

Bukan perampok ganas, pembunuh berdarah dingin, Rajatega, dll yang menghantui kematian perempuan Indonesia. Namun “Hantu ganas” tersebut wujudnya adalah sebuah penyakit yang dikenal dengan sebutan Kanker Payudara (Breast Cancer). Sudah begitu banyak perempuan dinegeri ini tumbang olehnya, dan sampai sekarang kiprahnya tidak terhenti, namun terus merengsek tubuh perempuan Indonesia. Tidak bisakah dicegah? Mengapa demikian?

Bagaimana Menjaga Kesehatan Jiwa Agar Selalu Sehat

Bagaimana Menjaga Kesehatan Jiwa Agar Selalu Sehat

Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan, baik kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani atau jiwa, ada pepatah “Dalam Badan Yang Sehat Terdapat Jiwa Yang Sehat Pula“. Banyak cara yang dilakukan orang untuk mendapatkan keseimbangan antara kesehatan jasmani dan Rohani. Untuk kesehatan jasmani, makan makanan yang bergizi seimbang, olah raga, dan istirahat yang cukup merupakan modal dasar. Sedangkan untuk kesehatan rohani atau jiwa, ada beberapa kiat yang bisa membantu untuk mendapatkannya, yaitu antara lain:

Berolah raga. Penelitian menunjukkan bahwa olah raga lebih efektif dalam mencegah dan mengobati depresi daripada obat-obatan. Dengan olah raga tubuh menjadi sehat dan pikiran pun menjadi fresh. Sehingga Anda bisa memulai hari-hari anda dengan menyenangkan.
Ekspresikan cinta. Memberi dan mendapatkan cinta kasih membuat hidup kita bahagia. Mencurahkan cinta kasih kepada keluarga, kerabat dan orang lain adalah kunci kebahagiaan rohani. Membantu orang lain membuat hidup kita lebih bermakna dan kehadiran kita diharapkan.
Kurangi Menonton Televisi, Film dan Video/Online Game. Menonton televisi, film atau bermain game berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan mental kita. Kekerasan dalam tayangan berita, film laga, dan game dapat mengurangi keseimbangan emosional, membuat depresi dan mempengaruhi respon emosi kita. Setelah melihat begitu banyak kekerasan, kita bisa tidak lagi mengenalinya sebagai kekerasan. Kilasan iklan televisi juga dapat menyebabkan indera dan otak kita overload dan kelelahan.

Banyak film yang menghibur, tetapi ada juga yang membangkitkan emosi negatif bagi sebagian orang. Bagi orang yang sensitif atau pernah mengalami semacam trauma dalam hidupnya, mengurangi waktu dan intensitas menonton tayangan yang memicu emosinya akan membantu menjaga keseimbangan jiwa.

Fokuslah pada hal-hal positif. Cobalah membaca berita, daripada menonton berita televisi. Membaca lebih berpengaruh lembut pada pikiran dan kita bisa lebih selektif. Cobalah menghindari tayangan kekerasan atau sensasional, pilihlah hanya program-program televisi dan film yang positif.


Mengapresiasi dan membuat karya seni. Menikmati seni lukis, seni fotografi, seni musik, seni tari dan bentuk-bentuk kesenian lainnya bisa menjadi stabilisator mood alami dan bermanfaat menyegarkan pikiran. Menghasilkan karya seni yang dapat dinikmati orang juga membantu seseorang untuk membangun harga diri, sesuatu yang penting bagi kesehatan mentalnya.

Cobalah mendengarkan musik yang lembut. Banyak musik hingar bingar yang justru dapat mengakibatkan kelebihan beban mental. Banyak pula jenis musik yang dapat mendatangkan perasaan tertekan atau hampa. Musik yang lembut dan merdu dapat menyeimbangkan proses kimiawi di otak kita.
Beribadah. Melaksanakan ibadah dan berdoa secara rutin memenuhi kebutuhan rohani kita, yang merupakan komponen vital dalam kesejahteraan jiwa. Mengabaikan kebutuhan spiritual membuat jiwa kita gelisah dan tidak tenang. Berdoa merupakan sarana yang efektif dalam mencegah dan memerangi masalah-masalah kesehatan mental.
Rekreasi di luar rumah. Cobalah untuk menjauhi rutinitas dengan menghabiskan waktu di alam. “Terapi hijau” bisa menjadi salah satu cara efektif untuk menemukan kedamaian batin, dan menenangkan pikiran kita, menemukan pencerahan dan membebaskan dari pikiran negatif.
Hindari mengisolasi diri. Menjadi bagian dari komunitas yang saling memberikan dukungan dan bertemu secara teratur dapat sangat membantu kita melewati krisis dan tetap positif. Menghindarkan diri dari sosialisasi dengan orang lain akan membuat jiwa kita tidak berkembang dan merasa terkungkung, akibatnya akan timbul kejenuhan pikiran yang mempengaruhi jiwa seseorang.
Menjaga keseimbangan diet makanan. Diet dapat memperburuk gejala berbagai penyakit termasuk autisme, skizofrenia, depresi, kecemasan dan serangan panik. Makanan yang dibutuhkan untuk kesehatan mental yang baik adalah buah dan sayuran dan makanan yang mengandung asam lemak esensial, seperti ikan belida, tongkol, labu dan kacang-kacangan. Susu dan coklat juga dipercaya menimbulkan efek menenangkan pikiran.
Hindari pornografi. Rangsangan seksual pornografi dapat berkontribusi pada tumbuhnya kekosongan emosional yang dapat menyebabkan depresi, gangguan bipolar serta kesehatan mental lainnya. Hanya hubungan seksual dengan pasangan yang sah dan saling mengasihilah yang dapat mengisi kebutuhan fisik dan emosional kita.
Lakukan kegiatan yang membangun rasa percaya diri. Belajar memainkan alat musik seperti piano atau biola, menguasai keterampilan bela diri, mendapatkan hadiah lomba, dll sangat membantu anak-anak membangun rasa percaya diri.

Bila Anda memiliki anggota keluarga yang mengalami masalah kesehatan mental, penting sekali untuk selalu menjaga sikap positif dan tidak menyerah. Jangan mencaci-maki atau mengolok-olok yang membuatnya merasa rendah diri dan mengekalkan perasaan membenci diri sendiri. Hal ini juga berlaku bagi mereka dengan kecenderungan gangguan pola makan. Tunjukkan cinta dan pengertian kepada mereka.
Jaga pikiran selalu aktif dengan membaca. Membaca bisa menjadi kegiatan penguatan mental, terutama jika kita fokus pada bacaan yang positif. Berlangganan beberapa majalah atau membeli buku-buku biografi yang mendidik bermanfaat bagi kesehatan mental Anda.
Jadilah pribadi yang lebih terorganisir. Hindari menunda-nunda pekerjaan, dan bersihkan dan tatalah harta benda Anda. Singkirkan kekacauan. Buang barang-barang yang tidak terpakai, selesaikan atau delegasikan pekerjaan yang menggantung, dan bila perlu, mintalah bantuan orang lain untuk menyelesaikan PR-PR Anda. (Sumber: dr. Salma)

kesehatan jasmani dan rohani

Kiat Sehat Jiwa Raga (Jasmani dan Rohani)
Kesehatan adalah keadaan sejahtera dari badan (raga), mental (jiwa), dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Pengertian sehat meliputi kesehatan jasmani (raga), rohani (jiwa), serta sosial dan bukan hanya keadaan bebas dari penyakit, cacat dan kelemahan. Menurut WHO Sehat itu sendiri dapat diartikan bahwa suatu keadaan yang sempurna baik secara fisik, mental dan sosial serta tidak hanya bebas dari penyakit atau kelemahan. Kesehatan fisik terwujud apabila sesorang tidak merasa dan mengeluh sakit atau tidak adanya keluhan dan memang secara objektif tidak tampak sakit. Semua organ tubuh berfungsi normal atau tidak mengalami gangguan. Sedangkan kesehatan mental (jiwa) mencakup 3 komponen, yakni pikiran, emosional, dan spiritual.


Nah, bagaimana caranya agar kita bisa sehat secara fisik dan mental atau raga dan jiwa, yang merupakan langkah awal untuk mendapatkan sehat sosial? Berikut langkah-langkahnya :


1. Bangun sebelum shubuh atau dini hari untuk qiyamul lail.
Bagi anda yang pelajar/mahasiswa anda bisa menulis di waktu yang hening itu. Lebih afdhal juga jika anda bangun sholat dan berdoa. Sebab doa pada waktu malam kemungkinan terkabulkannya cukup besar. Dan, lakukanlah sholat Shubuh secara berjama’ah di masjid.
Jika rumah anda terbilang agak jauh dari masjid, kondisi tersebut sungguh sangat menguntungkan. Anda bisa jalan kaki ke masjid. Jadi, selain mendapat pahala yang jauh lebih besar, anda juga bisa sekaligus berolahraga sambil menikmati sejuknya udara di pagi hari.
Jika anda rutin melakukannya, jalan kaki akan menjadikan peredaran darah lebih teratur, dan darah akan sampai dalam jumlah yang besar ke pembuluh-pembuluh darah yang ada di seluruh tubuh, sehingga dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan banyak keletihan yang disebabkan oleh kurangnya suplai darah di seluruh sudut tubuh pada beberapa penyakit.


2. Jangan mudah emosi atau mudah marah.
Rasullullah saw, memperingatkan kita, "Jangan marah, jangan marah, jangan marah." Ini menunujukkan bahwa hakikat kesehatan dan kekuatan Muslim bukanlah terletak pada jasadiyah belaka, tetapi lebih jauh yaitu dilandasi oleh kebersihan dan kesehatan jiwa.
Jika anda termasuk tipe orang yang suka marah, atau mudah terpancing emosi lalu marah, Rasulullah saw memberikan tips berikut ini :
Mengubah posisi ketika marah, bila berdiri maka duduk, dan bila duduk maka berbaring
Membaca ta 'awwudz, karena marah itu dari syaithan
Segeralah berwudhu dan lakukanlah sholat dua rakaat untuk meraih ketenangan dan menghilangkan kegundahan hati


3. Jangan mendengki saudara Muslim yang lainnya.
Gembira jika saudaranya tertimpa musibah dan bersedih jika suadaranya mendapat berkah, itulah dengki yang merupakan sikap yang tercela dan bisa menghanguskan pahala kebaikan kita sendiri.
“Waspadalah terhadap hasud (iri dan dengki), sesungguhnya hasud mengikis pahala-pahala sebagaimana api memakan kayu.” (HR. Abu Dawud).
Seorang pendengki akan terbebani mentalnya hingga sakit akibat dari ketidaknyamannya melihat orang lain mndapat nikmat.


4. Senantiasa berdoa kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar diberikan kesehatan.
Allah Subhanahu wa Ta’ala telah merintahkan kita berdo’a dan menjanjikan terkabulnya do’a yang kita mohonkan. Cepat atau lambat dikabulkannya doa terserah Allah. Dengan berdo’a hati dan jiwa kita akan lebih tenang, harapan pun akan terus berkembang. Diantara doa yang dianjurkan adalah sebagaimana diwasiatkan Rasulullah, “Mohonlah kepada Allah keselamatan dan afiat. Sesungguhnya tiada sesuatu pemberian Allah sesudah keyakinan (iman) lebih baik dari pada sehat afiat.” (HR Ibnu Majah).


5. Perbanyaklah puasa.
Seorang pengurus masjid di kawasan Grogol Jakarta Barat. Usianya sudah lebih dari 70 tahun, tetapi fisiknya masih kuat. Dia mampu membersihkan masjid dan naik turun tangga setiap hari.
Tatkala ditanya, apa rahasianya, jawabannya cukup singkat, “Kosongkan perutmu dua kali seminggu dan perbanyaklah minum air disertai doa. Mesin saja kalau tidak diservice bisa rusak," begitu jawabnya sederhana. Subhanallah.
Benar, puasa dan doa adalah salah satu cara menservice fisik manusia supaya tetap bugar. Nabi pernah berpesan, dalam amalan puasa, terkandung banyak manfaat kesehatan. ”Puasalah kamu niscaya kamu akan sehat selalu.”


6. Biasakan mencegah penyakit.
Ya, mencegah jauh lebih murah dari mengobati. But, mencegah penyakit bukan dengan mengundang penyakit baru, seperti memasukkan kimia buatan ke dalam tubuh. Mencegah yang paling baik adalah dengan cara selaras dengan alami tubuh. Biasakan untuk mengkonsumsi suplemen herbal seperti madu, habbatussauda dan produk alam lainnya. Bahkan, ketika sakit pun utamakan penggunaan obat-obatan herbal (Baca artikel “Apa untungnya berobat dengan herbal”).


Kalau mau sehat jiwa dan raga, terapkan kiat diatas..!


Salam Sehat dan Sukses

Selasa, 03 Januari 2012

kesehatan anak 1 tahun

Pelecehan Anak
Tahun kedua adalah dimulainya tahap pertama dimana pelecehan anak paling sering terjadi (tahap kedua adalah selama masa remaja). Pelecehan anak mungkin mewakili kekacauan seorang dewasa tentang perpisahan ketika seorang anak mencoba kemandiriannya.
Setiap orang tua pastilah telah mengalami kekesalan sampai ke titik dimana dia dapat mengerti mengapa beberapa orang menyerah terhadap godaan untuk melecehkan seorang anak. Namun untunglah kebanyakan orang tua tidak melecehkan anak-anak mereka, dan dengan mengerti kekesalan ini tidaklah menjadi alasan ataupun menyetujui pelecehan.
Kebanyakan orang tua yang benar-benar tidak tahan terhadap godaan ini ternyata biasanya dulu juga dilecehkan sewaktu kecil.
Jatuh
Tak seorang anakpun belajar berjalan tanpa banyak jatuh. Mungkin ada untungnya karena pada saat proses ini dimulai, kebanyakan anak tampaknya tidak takut. Juga, untungnya, tengkorak kepala tidak menutup sampai usia 18 bulan pada kebanyakan anak, jadi dapat menahan sebagian besar dari dampak jatuh tanpa merusak otak.
Namun, orang tua harus menanggapi jatuh sebagai sangat serius. Bila mengakibatkan hilangnya kesadaran atau tingkah laku yang membingungkan, anda seharuslnya segera menemui seorang dokter. Cara-cara pencegahan selalu lebih disukai daripada menangani kondisi kritis.
Anak yang baru bisa berjalan sebaiknya diajarkan untuk tidak jatuh langsung ke belakang seperti batang kayu dengan berulangkali membungkukkan mereka dari posisi berdiri ke posisi duduk. Anak-anak juga belajar dengan meniru; memperlihatkan seorang anak yang baru bisa berjalan cara untuk menuruni tangga dengan merangkak langkah demi langkah bisa mencegahnya jatuh.
Ketakutan
Kadang-kadang dalam tahun kedua semua anak menjadi lekat dengan orang tua dan takut terhadap orang asing, keluarga, dan terutama dokter. Seorang dokter yang sensitif akan memeriksa anak berusia 2 tahun ketika anak tersebut duduk dipangkuan orang tuanya atau berdiri di muka sang dokter. Orang tua harus selalu di dekatnya.
Orang yang melihat langsung ke mata si anak pada tahap ini atau bertanya padanya biasanya akan memancing ketakutan mereka. Ini adalah tahap yang benar-benar normal, namun keluarga dekat harus diwanti-wanti tentang hal ini sebelum berkunjung.
Banyak anak kecil juga menjadi takut terhadap bak mandi pada tahun kedua ini. Ini hanya akan menjadi serius bila orang tua memperlihatkan reaksi serius terhadap hal ini. Untuk membantu rasa takut ini, orang tua untuk sementara harus meneruskan menggunakan meja mandi atau wastafel seperti yang dilakukan sebelumnya, atau mandi bersama anak di bak mandi.
Rasa negatif
Inilah puncak dari tahun kedua. Dengan mengatakan "tidak" terus menerus, dan sengaja memancingnya dimuka orang tua, seorang anak membuat batasan dan mulai membuat prioritas.
Antara usia 1 dan 2 tahun, anak yang baru bisa berjalan akan sering melakukan sesuatu yang mereka tahu akan memancing kemarahan orang tuanya, dan tampaknya selalu meminta untuk dihukum. Mengapa? Inilah sifat alami dari pertumbuhan kemandirian seorang anak kecil, titik dimulainya perjalanan yang akan berakhir bertahun-tahun kemudian dengan berpisah dari orang tua.
Tugas paling penting dan berat bagi orang tua adalah bersikap konsisten dalam mengatakan "tidak." Tidak konsisten hanya akan membingungkan si anak dan memicu lebih banyak pancingan dan kelakuan buruk.
Rasa negatif biasanya terlihat jelas pada saat makan. Seorang anak mungkin sama sekali menolak jenis makanan atau makanan padat tertentu, dan mungkin mundur dan meminum dari botol atau mencoba menghisap payudara. Ini semua adalah tanda-tanda kebingungan terhadap pertumbuhan kemandirian, dan sebaiknya di tampik dengan rasa humor.
Nutrisi dan Kenaikan Berat Badan
Sampai ulang tahun pertama, bayi yang sehat akan memiliki berat badan kira-kira tiga kali beratnya waktu lahir (bayi yang besar sewaktu dilahirkan mungkin tidak sampai tiga kali berat lahirnya).
Selama tahun kedua, sang bayi akan berlatih lebih banyak dan, untuk alasan-alasan tertentu, makan lebih sedikit. Dietnya juga akan dirubah menjadi lebih banyak makan makanan padat. Pertumbuhan yang lebih lambat adalah normal dan sehat, seperti yang terlihat pada tabel pertumbuhan. Rata-rata anak akan bertambah berat hanya 2 atau 3 kg di tahun kedua.
Selama tahun kedua, waktu makan menjadi waktu bermain untuk kebanyakan anak kecil. Seorang bayi akan dengan riang melambaikan cangkir kosong, mengetuk sendok, sambil mengambil sesuatu, mendorong, memencet, melempar, atau memeriksa makanan yang seharusnya dimakan. Lebih banyak makanan dapat masuk ke mulut kalau diberikan sepotong-sepotong daripada seperti "gunung" kecil di piring.
Pada usia sekitar 15 bulan, kebanyakan bayi mulai terbiasa makan dengan sendok. Hindari untuk terlalu sering membantunya ketika bayi kesulitan dengan sendoknya. Ini adalah proses belajar seperti juga yang lainnya, dan cara terbaik untuk belajar adalah dengan berlatih. Sebaiknya meletakkan kertas atau alas plastik di bawah kursi bayi.
Perkembangan cara memakan memberi contoh yang bagus tentang cara si bayi diprogram untuk tahap-tahap berikutnya. Agar dapat mahir untuk makan sendiri, bayi harus bisa duduk tegak dan menahan kepalanya dengan keras pula. Ini dipelajari beberapa bulan yang lalu.
Makan juga membutuhkan penggunaan tangan yang canggih, yang juga dimulai dari pegangan seperti cakar pada blok kayu sampai pegangan jempol dan telunjuk yang halus pada kacang. (Biskuit keras atau yang khusus untuk bayi yang baru tumbuh gigi biasanya cocok untuk tahap ini. Bayi bisa menahan atau mengusap barang ini di gusinya yang terasa sakit, dan menjadi lunak di dalam mulut sehingga tidak perlu dikunyah lagi.) Ketika gigi terbentuk, bayi maju dari menyimpan makanan di mulut menjadi mengunyahnya. Ketika bayi benar-benar dapat mengunyah, sistem pencernaannya telah benar-benar disiapkan untuk menangani makanan biasa.
Apakah diet seimbang bagi anak berusia 1 atau 2 tahun? Mungkin cara terbaik untuk memastikan diet bergizi untuk seorang anak yang baru bisa berjalan, seperti untuk siapapun, adalah memastikan cukupnya makanan dari setiap kelompok makanan dasar yang dihidangkan setiap hari. Berapa banyak makanan yang mencukupi? Percayakan pada insting anak itu. Sepanjang anak itu diberikan pilihan makanan yang terdiri dari diet seimbang, mereka akan mengkonsumsi jumlah yang tepat.
Kebanyakan masalah makan yang terjadi pada orang dewasa berasal dari usia muda, yang sering diakibatkan karena paksaan untuk makan meskipun tidak merasa lapar, atau karena makanannya digunakan sebagai hadiah untuk kelakuan baik. Semakin anda menghindari keraguan atas berapa banyak dan apa yang harus dimakan, lebih baik. Hargai keinginan dan ketidak-sukaan dengan memberi anak alternatif nutrisi.
Begitu si anak memakan makanan biasa, beberapa orang tua merubah dari susu murni ke susu rendah lemak. Meskipun apakah konsumsi diet rendah lemak pada saat ini dalam kehidupan akan mempengaruhi proses aterosklerosis (pengerasan arteri) di kemudian hari masih diperdebatkan, namun tidak ada salahnya untuk mengganti ke susu rendah lemak selama anak memakan cukup daging, telur, dan sayuran untuk memberinya asam lemak esensial yang diperlukan. Mengganti ke susu rendah lemak sebelum mereka terbiasa dengan makanan-makanan lainnya akan berbahaya dan mengganggu pertumbuhan normal anak.
Kegemukan
Bagi kebanyakan orang tua (dan bahkan kakek/nenek), bayi yang sehat adalah yang agak gemuk, dengan lipatan-lipatan lemak tubuh. Namun begitu bayi mulai berjalan dan bergerak lebih banyak, lemak tubuh harus mulai digantikan dengan otot dan jaringan lemak tipis. Seorang nenek mungkin kuatir kalau bayi menjadi terlalu kurus, namun di negara maju kelebihan berat adalah masalah kesehatan yang lebih serius dan lebih umum daripada kurang berat.
Meskipun penyebab tertentu obesitas tidak diketahui, masalah kelenjar atau organik sangat jarang. Metabolisme mungkin berperan, namun kebiasaan makan yang salah atau terlalu banyak makan yang kronis tanpa cukup olahraga adalah yang menambah berat badan.
Bila anak berusia 1 atau 2 tahun terlalu gemuk, cara terbaik adalah memberikan diet seimbang dengan kalori lebih rendah namun masih mencukupi kebutuhan nutrisinya dan memungkinkan pertumbuhan normal. Biarkan pertumbuhan tinggi si anak seimbang dengan pertumbuhan beratnya. Untuk mencapai hal ini mungkin perlu merubah kebiasaan makan seluruh keluarga, termasuk pilihan makanan ringan. (Sangat sulit untuk menenangkan seorang anak yang kelaparan dengan sebatang wortel bila si orang tua sedang mengunyah biskuit!)
Strategi lainnya adalah untuk menambah tingkat gerak badan si anak, meskipun kebanyakan anak kecil sudah aktif dengan sendirinya. Olahraga sendiri tidak akan menyebabkan penurunan berat yang berarti pada seseorang yang makan terlalu banyak, namun ditambah dengan perubahan diet, akan mempercepat penurunan berat dan membantu mengontrol nafsu makan.
Persepsi
Anak berusia 1 tahun umumnya mulai mengerti konsep realitas yang cukup canggih. Pada tahap ini seorang anak kecil dapat mengikuti arah loncatan sebuah bola setelah keluar dari jangkauan pandang dan mengerti kemana perginya.
Hal yang sama juga terjadi pada obyek yang telah dengan sengaja disembunyikan; pada suatu saat di akhir tahun pertama atau awal tahun kedua, seorang anak akan mengetahui cukup banyak untuk pergi ke tempat dimana sebuah benda disembunyikan, menyingkirkan penghalangnya, dan mengambilnya.
Keahlian
Suatu waktu antara ulang tahun pertama dan kedua, kebanyakan anak kecil sudah mahir dengan keahlian berikut :
• Meniru tugas rumah tangga
• Tugas-tugas sederhana seperti merapikan mainan
• Meminum dari cangkir dan memakan dengan sendok
• Mencuci tangan
• Mencoret-coret dengan pensil warna
• Membangun balok kayu empat tingkat tanpa runtuh
Anak yang baru bisa berjalan dapat menunjuk anggota badan dan menyebutkan namanya. Sampai ulang tahun kedua, kebanyakan anak bisa berdiri, berjalan maju mundur dan naik turun tangga, dapat menendang bola, begitu pula melemparkan bola keatas kepala dengan arah asal-asalan.
Masalah tidur
Anak berusia 1 tahun akhirnya menguji semua batas, termasuk waktu untuk tidur. Seorang anak yang baru bisa berjalan yang rewel setiap malam mungkin dibiarkan terjaga terlalu malam. Orang tua harus mencegah menahan anak terjaga terlalu lama sampai dia lelah dan mudah kesal dan meminta untuk tidur. Bila ini terjadi, orang tua harus mulai sedikit memaksa untuk tidur lebih awal.
Anak berusia 1 tahun sudah cukup tua untuk tidur sepanjang malam tanpa menangis. Tangisan-tangisan, terutama yang reguler dan berulang-ulang, seharusnya tidak dibalas dengan respons yang terlalu cepat, terlalu mudah diterka, atau terlalu menolong. Kecuali anak itu sakit berat, ini kemungkinan hanya untuk mencoba kesabaran orang tua, dan merupakan ketidak-pastian tertentu tentang kemandirian.
Dalam banyak peradaban, anak-anak dibiarkan merangkak naik dan turun dari tempat tidur orang tua dengan bebas sampai usia 4 atau 5. Dalam masyarakat kita, praktek ini kurang umum. Orang tua perlu menyiapkan respons mereka sendiri terhadap aktivitas ini dan mencoba merubah perilaku si anak untuk memuaskan anak itu maupun orang tua. Pertanyaan yang sulit tentang kapan dan bagaimana menjauhkan si anak dari tempat tidur ini sebelum dia mulai dewasa secara psikoseksual haruslah diperhitungkan.
]
Berbicara
Pada suatu waktu si anak akan mengucapkan tiga kata "bahasa dewasa", dan mulai mengkombinasikan kata-kata. Selama tahun kedua, anak-anak mulai mengatakan sebagian dari keinginan mereka dalam kalimat yang bisa dimengerti.
Bahasa berkembang dengan pola yang cukup standar : sepatah kata pada 6 bulan pertama; ungkapan, kata sifat, dan kata keterangan pada 6 bulan berikutnya. Sekonyong-konyong dalam 6 bulan setelah ulang tahun kedua, kebanyakan anak kecil akan berceloteh dalam kalimat-kalimat dan ide-ide yang tampaknya telah diformulasikan untuk beberapa waktu.
Bila seorang anak tidak mulai mengucapkan kata-kata apapun selama tahun kedua, penyebabnya mungkin masalah pendengaran. Ada bermacam penyebab lain dari terlambat berbicara.
Seorang anak yang sangat aktif, yang lebih mementingkan belajar keahlian motorik, mungkin menunda untuk berbicara dan kemudian belajar berbicara dengan terburu-buru setelah ulang tahun kedua. Pada keluarga besar, keramaian dan banyaknya kegiatan bisa membuat seorang anak kecil untuk mundur; hanya diperlukan dorongan lembut untuk bereksperimen dengan suara untuk menariknya keluar. Atau, seorang anak yang punya banyak saudara mungkin tidak merasa terdorong untuk berbicara karena dia dan saudara-saudaranya berkomunikasi efektif dengan cara-cara lain. Sebuah keluarga dengan dua bahasa kadang membingungkan seorang anak kecil, dan sering menghambat perkembangan berbicara.
Masalah yang khusus adalah bila keluarga benar-benar ingin bayinya untuk berbicara sehingga, ironisnya, mereka malah menghambatnya. Setiap ucapannya mungkin segera diikuti dengan respons terlalu banyak, atau diminta untuk maju, sehingga si anak menjadi takut. Terlebih bila seorang anak telah mulai berbicara dan kemudian berhenti, keluarganya harus mempertimbangkan apakah mereka memberi tekanan terlalu banyak.
Rewel
Beberapa anak luluh dalam tangisan dan teriakan yang tidak bisa diredam ketika mereka sadar akan ditinggalkan sementara oleh orang tuanya. Anak lainnya mungkin menendang dan berteriak ketika tidak boleh menonton TV. Kerewelan ini, dan kenyataan bahwa si anak benar-benar menyukai sesuatu yang sangat sepele mungkin tidak bisa dimengerti oleh orang tua.
Beberapa orang (kebanyakan bukan orang tua) bahkan salah mengartikan kerewelan sebagai tanda kelainan serius pada anak, atau kurang perhatian dari orang tua. Sebenarnya, rewel hanyalah tanda bertambahnya kebingungan seorang anak tentang kemandirian. Anak kecil yang rewel pada tahap ini jarang bisa ditenangkan atau di alihkan perhatiannya dengan pelukan orang tuanya. Bagaimanapun juga, mereka mungkin akan tiba-tiba diam sendiri, dan kembali bermain dengan tenang.
Cara pendekatan orang tua tampaknya hanya berdiam di dekatnya atau memegang si anak sampai rewelnya hilang, dan bersedia menenangkan dan memeluknya setelah itu. Penting untuk tidak menguatkan perilaku ini dengan memberikan apa yang dimintanya setelah ia rewel.
Mengisap Jempol dan Jari
Banyak orang tua cemas bila anak mereka terus mengisap jempol atau jari pada tahun kedua akan membentuk kebiasaan buruk. Namun, perilaku ini benar-benar normal dan kemungkinan penting pada tahap ini; sebenarnya, ini adalah salah satu dari sedikit cara mandiri bagi seorang anak usia 1 tahun dalam mengatasi stres.
Beberapa anak mungkin juga perlu alat penenang, sebuah barang usang yang sangat disayangi untuk dipegang sementara dia mengisap. Penelitian telah menunjukkan bahwa mengisap jari meningkat pada awal tahun kedua, namun mulai berkurang pada bagian kedua tahun itu.
Kebanyakan anak yang diteliti menunjukkan bahwa tak satupun masalah yang ditakuti orang tua terjadi, seperti mulut yang berubah bentuk dan kebiasaan mengisap jempol yang diteruskan sampai usia sekolah.
Melatih pergi ke Toilet
Walaupun anda mungkin bisa melarikan seorang anak usia 1 tahun ke wc sebelum ia buang air besar, banyak ahli yang tidak menyarankannya, mungkin lebih tidak berguna dibanding pada anak yang lebih muda. Setidaknya bayi usia 10 bulan masih bisa menurut; anak berusia dua tahun sudah mandiri dan sering tidak penurut, dan wc, seperti juga kursi bayi, bisa menjadi arena pertempuran.
Seorang anak bisa saja menahan gejolak perutnya, mengompol di celana setelah berdiri dari pispot, atau sembunyi di sudut sambil mengeluarkan kotorannya -semuanya tanda dari terlalu banyaknya kontrol orang tua. Pada tahap lanjutan, anak secara alami akan belajar kebiasaan pergi ke wc, dan lebih mudah mengajarinya serta semakin sedikit implikasinya.
Berjalan
Kemajuan seorang anak dalam belajar berjalan dapat diperhitungkan dari tiga faktor : panjangnya langkah, keseimbangan, dan kemampuan untuk berjalan dan melakukan sesuatu hal lain pada saat bersamaan. Panjang langkah pelan-pelan akan memendek begitu jalannya semakin baik.
Keseimbangan menjadi lebih stabil; memerlukan banyak latihan untuk menghindari jatuh setelah kehilangan keseimbangan. Namun berjalan benar-benar menjadi keahlian yang sesungguhnya ketika seorang anak dapat berhenti memikirkannya untuk berbalik badan dan mendengarkan, atau membungkuk untuk mengambil sesuatu dan memeriksanya.
Kemampuan berjalan yang membaik akan membawa perubahan besar pada postur seorang anak. Pada permulaannya, kaki-kaki seorang anak membentuk sudut tajam; tidak lama setelah itu akan mulai sejajar. Alat bantu berjalan menyeimbangkan dengan cara mendorong perutnya ke depan dan pantatnya ke belakang. Ketika otot-otot punggungnya menguat, postur ini akan menjadi lebih tegak, namun tidak sampai usia 4 atau 5.
Salah satu hal yang harus ditanyakan pada dokter anak pada tahap ini adalah penilaian dari langkah anak itu dan apakah perlu dikoreksi. Berdiri dengan kaki-kaki yang agak bengkok juga normal untuk bulan-bulan pertama berjalan.


menu kesehatan si kecil

VARIASI MENU UNTUK SI KECIL USIA 1 TAHUN KE ATAS

Beberapa variasi menu yang diformulasikan khusus untuk Anak berusia 1 tahun ke atas.
• Ganti sumber karbohidrat dengan berbagai pilihan, misalnya beras, beras merah, ubi, kentang, havermut, roti.
• Jangan memberinya bayam dan wortel saja. Perkenalkan dengan berbagai sayuran, misalnya jagung, brokoli, bit, bayam merah.
• Bila si kecil tidak suka makanan baru yang Anda perkenalkan, cobalah beberapa kali. Jika ia tetap menolaknya, tak perlu memaksanya agar tidak menimbulkan trauma terhadap makanan itu.
• Karena makanan si kecil tak boleh diberi bumbu yang menyengat, berikan selembar daun salam dalam buburnya agar lebih gurih.
Hati-hati!
Beberapa makanan di bawah ini bisa menimbulkan alergi pada sebagian bayi di bawah usia satu tahun:
telur, tomat, ikan jenis tertentu (tongkol, salmon), kacang (termasuk selai mentega kacang), bumbu-bumbu yang menyengat (lada, kunyit, jahe, dan sebagainya), strawberry, coklat dan kerang.
Sampai usia satu tahun, sebaiknya hindari memberi bayi Anda:
Telur setengah matang, bawang merah, ketimun dan kol (karena sulit dicerna), garam berlebihan, gula berlebihan, lobak dan kangkung (membuat bayi sering bersendawa), dan makanan mengandung pengawet.
Untuk Diperhatikan:
• Jika di keluarga ada riwayat alergi, ekstra hati-hati dalam memberi jenis makanan tersebut.
• Jika kulit anak menunjukkan reaksi alergi, misalnya gatal atau kemerahan setelah makan sesuatu, cobalah lagi beberapa kali di hari lain. Jika gejala alergi hilang, Anda bisa meneruskannya. Tetapi jika alergi tetap terjadi, berarti Anda harus menghindarinya.
• Untuk mengetahui dengan pasti reaksi alergi pada bayi Anda, jangan mencampur buah atau makanan yang dikhawatirkan menimbulkan alergi. Segera catat jika penyebab alergi sudah diketahui dengan pasti.
• Makanan yang mengandung gluten dapat menimbulkan gangguan saluran pencernaan pada sebagian bayi, seperti produk biji-bijian, misalnya, makanan mengandung gandum/oats.
Jika si kecil telah berusia 1 tahun, sebaiknya pemasukan garam dan gula seminim mungkin, bahkan lebih baik sebaiknya ditunda sampai mereka berusia 2 tahun.
Saat anak berusia 1 tahun ke atas, sudah diperbolehkan mengkonsumsi makanan laut seperti; udang, kerang, cumi2, dll. Tetapi perlu diingat, apabila ada sejarah dalam keluarga kita alergi seafood, sebaiknya pemberian makanan seafood ke si kecil ditunda dulu.

kesehatan anak

Perubahan Menakjubkan Anak 1 Tahun
Siap untuk takjub? Karena bayi Anda akan banyak mengalami perubahan menakjubkan di usia 1 tahun. Perubahan apa saja?

Banyak bunda dan ayah menemukan bahwa kegembiraan menjadi orangtua makin bertumbuh besar pada masa-masa setelah ulang tahun pertama anak. “Anak 1 tahun jauh lebih interaktif dari sebelumnya. Ia adalah manusia kecil yang selalu ingin tahu dan sangat tertarik pada dunia di sekelilingnya,” ujar Miller Shivers, PhD, psikolog dari Children’s Memorial Hospital di Chicago (AS). Inilah 5 alasan untuk merayakan tahun penuh inspirasi tersebut.

1. Ia bisa mengatakan keinginannya, dengan caranya sendiri. Walaupun belum mampu sempurna secara verbal, umumnya anak sudah dapat menunjukkan apa yang ia inginkan. Ia akan mengangguk tanda “ya” atau menggelengkan kepala tanda “tidak”. Dan dalam beberapa bulan setelah ulang tahun pertamanya, kemampuan bahasa anak perlahan akan muncul. “Awalnya kosa kata yang dikuasai hanya terbatas pada beberapa kata, namun setelah 18 bulan, ia bisa menambahkan sekitar sembilan kata baru setiap hari,” kata Roberta Golinkoff, PhD di buku How Babies Talk. Makin hebat lagi, selain kemampuannya mengucap kata, adalah ia kini bisa mengerti ujaran Anda kepadanya. Seakan-akan tiba-tiba saja ia bisa mengikuti perintah sederhana, macam “Ayo, ambil sepatumu”, atau “Jangan makan itu!”

2. Ia mulai punya kepribadian. Ketika bayi, anak Anda bisa jadi sudah menunjukkan tanda-tanda watak masa depannya. Tapi sekaranglah saatnya temperamen sesungguhnya mulai nampak jelas dan menjadi fokus anak. Ia akan menemui lebih banyak situasi yang akan menantang reaksinya –Anda akan bisa melihat apakah anak Anda termasuk anak yang easygoing atau serius, pemalu atau bintangnya pesta.

3. Ia kagum pada banyak hal. Kapan terakhir kali Anda melihat sehelai daun melayang perlahan jatuh ke tanah? Barangkali sudah bertahun-tahun lalu –dan tak Anda pikirkan. Tapi buat anak usia 1 tahunan, daun jatuh atau burung melompat adalah hal baru dan merupakan peristiwa yang membuat matanya terbelalak takjub. “Si 1 tahun terus berusaha mencari tahu dan membuka rahasia mengapa sesuatu hal bisa terjadi,” kata Linda Sonna, PhD, penulis buku The Everything Toddler Book.

4. Ia rajin tebar cinta. Tentu Anda sudah tahu bahwa ia mencintai Anda. Tapi dengan eksistensinya kini, yang bukan bayi lemah lagi, ia sangat ingin menunjukkan betapa besarnya ia mengagumi Anda, dengan memeluk kaki Anda ketika Anda pulang dari kantor, atau menghujani Anda dengan ciuman sebelum tidur. “Ia sekarang sudah cukup umur untuk mengerti interaksi sosial,” kata Mary Ann LoFrumento, MD, penulis buku Understanding Your Toddler. “Ia belum bisa mengekspresikan rasa cintanya secara verbal alias dengan kata-kata, namun ia tahu bagaimana menunjukkan cintanya –dan ia sangat berharap mendapat balasan.”

5. Ia pikir Anda lucu. Sangat mudah untuk membuat anak 1 tahun tertawa: Buat saja mimik lucu, atau pura-pura ngobrol dengan sepatunya, maka ia akan langsung tertawa terbahak-bahak. “Anak usia 1 tahunan sedang berusaha memilah segala hal di dunia, sehingga bila kita melakukan sesuatu yang di luar kebiasaan atau hal yang aneh, ia akan menganggapnya sebagai lawakan,” jelas Dr. Mary Ann. Yang lebih menakjubkan lagi: Ia selalu mencari cara untuk membuat orangtua atau pengasuhnya tersenyum.

Penyakit sapi gila

Penyakit sapi gila merupakan salah satu penyakit yang menyerang syaraf pusat pada sapi yang berupa degenerasi sel sel syaraf sapi dewasa hingga jaringan otak mengalami perubahan mirip spons. Penyakit sapi gila ini tidak ditularkan secara langsung oleh sapi kepada ternak lainnya. penyebaran penyakit ini dengan cara sapi memakan atau mengkonsumsi bahan pakan yang mengandung bibit penyakit / prion. Yaitu suatu molekul protein tubuh yang telah mengalami perubahan konfigurasinya, di tandai dengan perubahan perangai, bisa dalam bentuk ketakutan ataupun nampak agresif, hilangnya koordinasi, tidak mampu untuk bangun, dan akhirnya mati.

Etiologi ( penyebab )

Pada awalnya diduga penyebab penyakit sapi gila adalah slow agent virus, kemudian pada tahun 1982, barulah dikenal istilah prion ( proteinaceous infectious particles ). penyakit ini dikenal juga dengan nama transmissible
spongiform encelopathy, karena sebelumnya diduga berasal dari pemberian pakan yang mengandung protein asal ternak, dan karena penyakitnya belum diketahui maka dinamakanlah TSE. Prion sendiri yang merupakan penyebab dari penyakit ini adalah suatu partikel protein infeksius, tidak mengandung asam nukleat, tahan terhadap faktor atau senyawa yang merusak asam nukleat, seperti radiasi, sinar ultraviolet.
Patogenesis

Penyakit Sapi Gila ( mad cow ) menyerang sistema syaraf pusat, hal ini akan menyebabkan proses degenerasi sel-sel syaraf, dan terbentuk vakuola vakuola, hingga terbentuklah seperti spons. Selain menyerang otak, bagian lain yang juga diduga menjadi target adalah sumsum tulang belakang, tonsil, timus, limpa dan usus. Jaringan tersebut tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi bila terjad wabah BSE. Pada pemeriksaan postmortem sapi dengan infeksi alami, yang sebelumnya memberikan gejala klinis dan pembuktian secara bioassay pada mencit, terbukti bahwa agen infeksius hanya ditemukan pada jaringan /organ target seperti otak, sumsum tulang belakang pada bagian leher, ujung sumsum tulang belakang, dan retina. Dengan adanya proses degenerasi sel syaraf menyebabkan terjadinya inkoordinasi, hingga yang tampak sapi seperti gila.
Diagnosa

Sapi yang memperlihatkan gejala yang telah disebutkan di atas, terutama bila terjadi kasus pada daerah yang pernah tertular, atau didatangkan dari daerah tertular, harus dicurigai sapi menderita BSE atau sapi gila. diagnosis tepat dapat ditegakkan antara lainberdasar temua patologi anatomi dari organ target seperti otak dan jaringan lainnya. Pemeriksaan laboratorium secara bio-assay dari berbagai cairan jaringan pada mencit dapat dilakukan di laboratorium untuk digunakan sebagai referensi. Sebagai diagnosa banding perlu dipertimbangkan juga beberapa penyakit yang berhubungan dengan inkoordinasi syaraf, seperti radang otak dan selaputnya, rabies dan bahkan penuyakit surra khususnya di daerah endemik.
Pencegahan

Apabila ada kecurigaan terhadap penyakit sapi gila ini maka, wajib segera melapor ke dinas setempat yang berwenang, dan segera meminta bantuan profesional untuk memastikan diagnosa di laboratorium. Meskipun belum ada kaitan secara pasti antara BSE dengan penyakit prion pada manusia, pemasukkan bahan makanan seperti impor daging, susu dan berbagai produk olahan hewan harus diawasi secara ketat. Mengingat daya tahan prion sangat tinggi, penanganan materialsehabis pemeriksaan pasca mati harus dilakukan sangat ketat. Perlu dicatat bahwa prion baru benar benar dalam keadaan inaktif bila dilakukan disinfeksi yang berupa insinerasi ( dibakar), dimasukkan autoclaf 132 derajat C selama 2 jam, larutan sodium hipoklorit 5,25%, atau larutan sodium hidroksida

kesehatan Koi Herpes Virus

Koi Herpes Virus

Koi Herpes Virus (KHV) adalah suatu penyakit pada ikan yang disebabkan oleh virus. Merupakan golongan virus DNA dari strain herpes viridae. Pernahkah Ikan koi anda tiba-tiba mengalami kematian mendadak dengan jumlah yang banyak? Bisa jadi itu disebabkan oleh penyakit ikan ini. Virus akan tetap bersama ikan yang tetap hidup setelah terinfeksi dan berpotensi sebagai pembawa virus selama hidupnya (carrier). Virus ini hanya menginfeksi pada jenis ikan koi dan ikan mas. Keganasan penyakit koi herpes virus ini dipicu oleh kondisi lingkungan diantaranya; temperatur air yang dibawah 300 C dan kualitas air yang buruk. Penyakit ini tidak dapat menular ke manusia (zoonosis).Akan tetapi virus penyakit ini menjadi sangat penting dalam budidaya ikan karena proses serangannya yang sangat cepat, sehingga dalam waktu seminggu aja ternak ikan kita bisa saja habis.

Gejala klinis penyakit penyakit Koi Herpes Virus /KHV
• nafsu makan ikan menjadi berkurang, megap-megap dan cenderung dipermukaan karena mengalami kesulitan bernafas karena insang rusak.
• Terdapat bercak atau binti-bintik warna merah dan putih pada insang, bercak atau bintik putih muncul akibat nekrosis atau kematian jaringan insang. Insang tersebut akan tampak lebih pucat kemudian terjadi pembusukan
• Mata ikan menjadi cekung dan terjaadi lecet pada kulit ikan.
• Sering diikuti inveksi sekunder oleh bakteri, parasit dan jamur.
• Jika dilakukan pemeriksaan histopatologi pada ikan sakit, lesi yang paling menonjol adalah pada organ insang, kulit, ginjal, limpa, hati dan sistem pencernaan.
• Terjadi kematian masal ikan dalam waktu 1-7 hari.
Cara Penyebaran Penyakit
Cara penyebaran dan penularan Koi Herpes Virus /KHV melalui kontak langsung dengan ikan yang terinfeksi, lendir dari ikan terinfeksi dan air, lumpur atau yang lain/vektor yang telah masuk ke dalam kolam dan kontak langsung dengan organisme yang telah terkontaminasi.
Pengobatan
Pengobatan penyakit ikan khususnya koi herpes virus dengan sistem panas dapat dilakukan dengan cara; mengeluarkan ikan dari kolam utama ke kolam isolasi atau akuarium. Pastikan bahwa air yang digunakan di tempat isolasi memiliki suhu sama dengan air kolam asal ikan. Selanjutnya secara perlahan-lahan panaskan air dalam kolam isolasi hingga 30° C (tidak lebih dari 1 ° C per jam). Biarkan ikan berada pada kolam isolasi tersebut selama 7 hari. Hindari pemberian makan selama proses pengobatan karena akan mebuaat ikan menjadi strees. Setelah perlakuan panas 7 hari selesai, secara perlahan-lahan dinginkan air hingga suhu 27 derajat C. Setelah mencapai suhu ini, dapat dimulai pengobatan dengan antibiotik. Jika ikan tidak mau makan, dapat diberikan produk probiotik khusus untuk ikan.
Pencegahan
• desinfeksi sebelum/selama proses produksi
• Gunakan ikan bebas Koi herpes virus /KHV dan karantina (penerapan biosecurity)
• Mengurangi padat tebar dan hindari stress
• Kenali musim sukses & gagal dalam usaha budidaya (kaitannya dengan kondisi lingkungan, kualitas dan kuantitas air)

Kelebihan Berat Badan Pada kesehatan Anjing

Kelebihan Berat Badan Pada Anjing

Seperti halnya hewan peliharaan anda yang mengalami kekurangan berat badan, hewan hewan yang mengalami kelebihan berat badan juga mengalami hal serupa, yaitu menderita kelaparan. Maksudnya mereka mengalami kelaparan atau kekurangan dalam hal nutrisi maupun mineral. Hal ini dikarenakan makanan yang umum dijual memiliki kandungan nutrisi dan juga mineral yang kurang. Karena hal tersebut, maka anjing akan mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang besar untuk mencukupi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. para pemilik anjing harus berhati hati terhadap berat badan anjing anjing mereka. Seperti yang kita semua tahu, kelebihan berat badan sangat berpeluang sekali untuk menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti hypertension, diabetes, dan juga penyakit penyakit lainnya.
masalah nutrisi adalah penyebab utama kelebihan berat badan pada anjing. Jadi, sebagai pemilik anjing sangat direkomendasikan untuk menerapkan bebrapa diet terhadap anjing sehingga membantu anjing untuk tumbuh dengan sehat. Anda harus fokus dalam penyediaan nutrisi yang seimbang .

Untuk membantu hewan peliharaan anda mencapai berat badan yang ideal, anda tidak harus membatasi jumlah makanan yang dikonsumsi sehingga lebih sedikit dari jumlah yang seharusnya. Konsultasikan dengan dokter hewan anda dan siapkan diet makan yang bagus dan juga mempunyai proporsi vitamin serta mineral yang seimbang bersama dengan beberapa suplemen makanan yang bergizi.

Untuk mengurangi kelebihan berat badan anjing anda, disarankan untuk menyediakan makanan tanpa bahan pengawet bersamaan dengan suplemen. Hal ini pada awalnya mungkin akan mengakibatkan asupan makanan lebih banyak dari biasanya. Anda juga dapat menambahkan beberapa makanan tambahan dalam diet, tapi pastikan anda tidak memberikan makan diantara dua jadwal makan yang telah ditentukan. Jauhkan mangkuk makanan dari jangkauan anjing. Pada tahap awal diet anjing akan kelebihan makanan, tetapi hal ini akan menurun secara bertahap seiring tubuh anjing yang telah diperkaya akan jumlah vitamin dan nutrisi yang dibutuhkannya. Sejalan dengan waktu Anda akan menemukan anjing kesayangan telah berkurang berat badannya dan menjadi manis serta pintar.

Bronchopneumonia kesehatan

Bronchopneumonia

Bronchopneumonia merupakan radang pada paru-paru yang disebabkan karena adanya tanggapan atau respon terhadap virulensi bakteri dalam parenkim paru-paru yang ditandai dengan terbentuknya eksudat dari sel-sel dan cairan yang masuk kedalam ruang alveolar dan saluran pernafasan.

Etiologi

Bronchopneumonia bisa dihubungkan dengan agen infeksius yang bervariasi sebagai patogen primer atau sebagai penyebab sekunder atau mungkin akibat aspirasi atau inhalasi material toxic atau iritan. Infeksi bakterial primer pada anjing biasanya disebabkan oleh Bordotella bronchiseptica dan
kemungkinan Streptococcus zooepidemicus. Isolasi yang dilakukan biasanya mendapatkan E coli, Pasteurella, Streptococcus, Staphylococcus, Pseudomonas dan Klebsiella. Pada anjing muda infeksi oleh B bronchiseptica dapat menimbulkan bronchitis kronis. Hampir semua kasus pneumonia hasil dari masuknya bakteri ke pulmo melalui udara menyebabkan bronchpneumonia terutama melibatkan lobus cranial dan ventral pulmo.
Bakteri yang masuk melalui rute hematogenous biasanya menyebabkan pneumonia. Pada kucing bakteri patogen penyebab penyakit ini belum banyak didokumentasikan atau diketahui. Namun, B bronchiseptica dan Pasteurella spp sering dilaporkan sebagai agen penyebab.

Kejadian penyakit

Kejadian penyakit lebih sering terjadi pada anjing dari pada kucing. Pada anjing biasanya menyerang anjing sport, Hounds, dan anjing pekerja. Kisaran umur anjing yang terserang penyakit ini adalah 1 bulan – 15 tahun. Namun, kejadian paling banyak pada anjing dengan umur kurang dari 1 tahun.

Wanita Perlu Pahami Kesehatan Reproduksi

Wanita Perlu Pahami Kesehatan Reproduksi

Masalah kesehatan reproduksi perlu mendapat sosialiasi yang luas agar para calon ibu mengetahui persoalan reproduksi yang akan dialaminya berikut mendapatkan jalan keluar dari persoalan tersebut. "Tanpa mengenal organ kesehatan reproduksi dengan baik maka dikhawatirkan para calon ibu buta sama sekali dan akhirnya bisa berakibat pada keharmonisan hubungan suami isteri," kata Kepala BKKBN Provinsi Bengkulu, Hilaluddin Nasir di Bengkulu.

Dia mengatakan, kesehatan reproduksi merupakan suatu keadaan sejahtera fisik, mental dan sosial yang baik, bukan hanya bebas dari penyakit atau kecacatan, tetapi juga sehat dari aspek yang berhubungan dengan sistem reproduksi, fungsi dan prosesnya.
Masalah kesehatan reproduksi, katanya, terkait dengan terganggunya sistem, fungsi dan proses alat reproduksi, yang dapat berakibat pada keharmonisan hubungan suami-isteri bahkan dapat mengganggu kelancaran proses kehamilan dan persalinan.

Untuk itu dia berharap, setiap pasangan suami-isteri disarankan untuk memeriksa dan merawat organ kesehatan reproduksi masing-masing agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik dan normal. Usia ideal perkawinan untuk laki-laki minimal 25 tahun dan perempuan minimal 21 tahun. "Usia 25 tahun bagi laki-laki sudah dianggap matang dari segi emosi, ekonomi dan sosial," katanya.

Begitupun usia 21 tahun sudah dianggap matang bagi perempuan dari segi emosi, kepribadian dan sosialnya. Khusus untuk perempuan menurutnya, usia kurang dari 21 tahun, rahim dan pinggulnya belum berkembang dengan baik, sehingga kemungkinan terjadi kesulitan dalam persalinan.

Dikatakan, kehamilan yang sehat, suatu kondisi sehat fisik dan mental ibu dan janin yang dikandungnya. Kehamilan yang sehat dicirikan oleh cukup bulan (matur) sekitar 38 sampai 40 minggu (280 hari). "Berat badan ibu idealnya meningkat 0,5 kg perminggu atau 6,5 sampai 16 kgselama masa kehamilan dengan disertai peningkatan berat badan janin yang sesuai dengan umur kehamilan," katanya.
Mengenai tekanan darah tidak lebih dari 120/80 mm Hg. Untuk itu maka selama masa kehamilan perlu istirahat yang cukup, minum tablet tambah darah minimal 90 tablet selama kehamilan.

Menurutnya, perlu menghindari terlalu muda untuk hamil usia kurang dari 21 tahun. Terlalu tua untuk hamil usia lebih dari 35 tahun. Terlalu sering hamil beresiko tinggi dan terlalu rapat jarak kehamilan juga beresiko.

kesehatan semua masyarakat

Kesehatan masyarakat


Membicarakan kesehatan masyarakat tidak terlepas dari 2 tokoh metologi Yunani, yakni Asclepius dan Higeia. Berdasarkan cerita mitos Yunani tersebut Asclepius disebutkan sebagai seorang dokter pertama yang tampan dan pandai meskipun tidak disebutkan sekolah atau pendidikan apa yang telah ditempuhnya tetapi diceritakan bahwa ia telah dapat mengobati penyakit dan bahkan melakukan bedah berdasarkan prosedur-prosedur tertentu (surgical procedure) dengan baik.

Higeia, seorang asistennya, yang kemudian diceritakan sebagai isterinya juga telah melakukan upaya-upaya kesehatan. Beda antara Asclepius dengan Higeia dalam pendekatan / penanganan masalah kesehatan adalah, Asclepius melakukan pendekatan (pengobatan penyakit), setelah penyakit tersebut terjadi pada seseorang.

Sedangkan Higeia mengajarkan kepada pengikutnya dalam pendekatan masalah kesehatan melalui “hidup seimbang”, menghindari makanan / minuman beracun, makan makanan yang bergizi (baik), cukup istirahat dan melakukan olahraga.

Apabila orang yang sudah jatuh sakit Higeia lebih menganjurkan melakukan upaya-upaya secara alamiah untuk menyembuhkan penyakitnya tersebut, antara lain lebih baik dengan memperkuat tubuhnya dengan makanan yang baik daripada dengan pengobatan / pembedahan.

Dari cerita mitos Yunani, Asclepius dan Higeia tersebut, akhirnya muncul 2 aliran atau pendekatan dalam menangani masalah-masalah kesehatan. Kelompok atau aliran pertama cenderung menunggu terjadinya penyakit (setelah sakit), yang selanjutnya disebut pendekatan kuratif (pengobatan). Kelompok ini pada umumnya terdiri dari dokter, dokter gigi, psikiater dan praktisi-praktisi lain yang melakukan pengobatan penyakit baik fisik, psikis, mental maupun sosial.

Sedangkan kelompok kedua, seperti halnya pendekatan Higeia, cenderung melakukan upaya-upaya pencegahan penyakit dan meningkatkan kesehatan (promosi) sebelum terjadinya penyakit. Kedalam kelompok ini termasuk para petugas kesehatan masyarakat lulusan-lulusan sekolah atau institusi kesehatan masyarakat dari berbagai jenjang.

Dalam perkembangan selanjutnya maka seolah-olah timbul garis pemisah antara kedua kelompok profesi, yakni pelayanan kesehatan kuratif (curative health care) dan pelayanan pencegahan atau preventif (preventive health care). Kedua kelompok ini dapat dilihat perbedaan pendekatan yang dilakukan antara lain sebagai berikut.

Pertama, pendekatan kuratif pada umumnya dilakukan terhadap sasaran secara individual, kontak terhadap sasaran (pasien) pada umumnya hanya sekali saja. Jarak antara petugas kesehatan (dokter, drg, dan sebagainya) dengan pasien atau sasaran cenderung jauh.

Sedangkan pendekatan preventif, sasaran atau pasien adalah masyarakat (bukan perorangan) masalah-masalah yang ditangani pada umumnya juga masalah-masalah yang menjadi masalah masyarakat, bukan masalah individu. Hubungan antara petugas kesehatan dengan masyarakat (sasaran) lebih bersifat kemitraan tidak seperti antara dokter-pasien.

Kedua, pendekatan kuratif cenderung bersifat reaktif, artinya kelompok ini pada umumnya hanya menunggu masalah datang. Seperti misalnya dokter yang menunggu pasien datang di Puskesmas atau tempat praktek. Kalau tidak ada pasien datang, berarti tidak ada masalah, maka selesailah tugas mereka, bahwa masalah kesehatan adalah adanya penyakit.

Sedangkan kelompok preventif lebih mengutamakan pendekatan proaktif, artinya tidak menunggu adanya masalah tetapi mencari masalah. Petugas kesehatan masyarakat tidak hanya menunggu pasien datang di kantor atau di tempat praktek mereka, tetapi harus turun ke masyarakat mencari dan mengidentifikasi masalah yang ada di masyarakat, dan melakukan tindakan.

Ketiga, pendekatan kuratif cenderung melihat dan menangani klien atau pasien lebih kepada sistem biologis manusia atau pasien hanya dilihat secara parsial, padahal manusia terdiri dari kesehatan bio-psikologis dan sosial, yang terlihat antara aspek satu dengan yang lainnya.

Sedangkan pendekatan preventif melihat klien sebagai makhluk yang utuh, dengan pendekatan yang holistik. Terjadinya penyakit tidak semata-mata karena terganggunya sistem biologi individual tetapi dalam konteks yang luas, aspek biologis, psikologis dan sosial. Dengan demikian pendekatannya pun tidak individual dan parsial tetapi harus secara menyeluruh atau holistik.

Ilmu Kesehatan Masyarakat

Ilmu Kesehatan Masyarakat

Definisi ilmu kesehatan masyarakat (bahasa Inggris: public health) menurut profesor Winslow dari Universitas Yale (Leavel and Clark, 1958) dari adalah ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan efisiensi melalui usaha masyarakat yang terorganisir untuk meningkatkan sanitasi lingkungan, kontrol infeksi di masyarakat, pendidikan individu tentang kebersihan perorangan, pengorganisasian pelayanan medis dan perawatan, untuk diagnosa dini, pencegahan penyakit dan pengembangan aspek sosial, yang akan mendukung agar setiap orang di masyarakat mempunyai standar kehidupan yang adekuat untuk menjaga kesehatannya.

Sejarah ilmu kesehatan masyarakat

Sejarah ilmu kesehatan masyarakat

Perkembangan Ilmu Kesehatan MAsyarakat
Sejarah panjang perkembangan masyarakat, tidak hanya dimulai pada munculnya ilmu pengetahuan saja melainkan sudah dimulai sebelum berkembangnya ilmu pengetahuan modern. Oleh sebab itu, akan sedikit diuraikan perkembangan kesehatan masyarakat sebelum perkembangan ilmu pengetahuan (pre-scientific period) dan sesudah ilmu pengetahuan itu berkembang (scientific period).

Periode Sebelum Ilmu Pengetahuan

Dari kebudayaan yang paling luas yakni Babylonia, Mesir, Yunani dan Roma telah tercatat bahwa manusia telah melakukan usaha untuk menanggulangi masalah-masalah kesehatan masyarakat dan penyakit. Telah ditemukan pula bahwa pada zaman tersebut tercatat dokumen-dokumen tertulis, bahkan peraturan-peraturan tertulis yang mengatur tentang pembuangan air limbah atau drainase pemukiman pembangunan kota, pengaturan air minum, dan sebagainya.

Pada zaman ini juga diperoleh catatan bahwa telah dibangun tempat pembuangan kotoran (latrin) umum, meskipun alasan dibuatnya latrine tersebut bukan karena kesehatan. Dibangunnya latri umum pada saat itu bukan karena tinja atau kotoran manusia dapat menularkan penyakit tetapi tinja menimbulkan bau tak enak dan pandangan yang tidak menyedapkan.

Demikian juga masyarakat membuat sumur pada waktu itu dengan alasan bahwa minum air kali yang mengalir sudah kotor itu terasa tidak enak, bukan karena minum air kali dapat menyebabkan penyakit (Greene, 1984).

Dari dokumen lain tercatat bahwa pada zaman Romawi kuno telah dikeluarkan suatu peraturan yang mengharuskan masyarakat mencatatkan pembangunan rumah, melaporkan adanya binatang-binatang yang berbahaya, dan binatang-binatang piaraan yang menimbulkan bau, dan sebagainya.

Bahkan pada waktu itu telah ada keharusan pemerintah kerajaan untuk melakukan supervisi atau peninjauan kepada tempat-tempat minuman (public bar), warung makan, tempat-tempat prostitusi dan sebagainya (Hanlon, 1974).

Kemudian pada permulaan abad pertama sampai kira-kira abad ke-7 kesehatan masyarakat makin dirasakan kepentingannya karena berbagai macam penyakit menular mulai menyerang sebagian besar penduduk dan telah menjadi epidemi bahkan di beberapa tempat telah menjadi endemi.

Penyakit kolera telah tercatat sejak abad ke-7 menyebar dari Asia khususnya Timur Tengah dan Asia Selatan ke Afrika. India disebutkan sejak abad ke-7 tersebut telah menjadi pusat endemi kolera. Disamping itu lepra juga telah menyebar mulai dari Mesir ke Asia Kecil dan Eropa melalui para emigran.

Upaya-upaya untuk mengatasi epidemi dan endemi penyakit-penyakit tersebut, orang telah mulai memperhatikan masalah lingkungan, terutama hygiene dan sanitasi lingkungan. Pembuangan kotoran manusia (latrin), pengusahaan air minum yang bersih, pembuangan sampah, ventilasi rumah telah tercatat menjadi bagian dari kehidupan masyarakat pada waktu itu.

Pada abad ke-14 mulai terjadi wabah pes yang paling dahsyat, di China dan India. Pada tahun 1340 tercatat 13.000.000 orang meninggal karena wabah pes, dan di India, Mesir dan Gaza dilaporkan bahwa 13.000 orang meninggal tiap hari karena pes.

Menurut catatan, jumlah meninggal karena wabah pes di seluruh dunia waktu itu mencapai lebih dari 60.000.000 orang. Oleh sebab itu waktu itu disebut “the Black Death”. Keadaan atau wabah penyakit-penyakit menular ini berlangsung sampai menjelang abad ke-18. Disamping wabah pes, wabah kolera dan tipus masih berlangsung.

Telah tercatat bahwa pada tahun 1603 lebih dari 1 diantara 6 orang meninggal, dan pada tahun 1663 sekitar 1 diantara 5 orang meninggal karena penyakit menular. Pada tahun 1759, 70.000 orang penduduk kepulauan Cyprus meninggal karena penyakit menular. Penyakit-penyakit lain yang menjadi wabah pada waktu itu antara lain difteri, tipus, disentri dan sebagainya.

Dari catatan-catatan tersebut di atas dapat dilihat bahwa masalah kesehatan masyarakat khususnya penyebaran-penyebaran penyakit menular sudah begitu meluas dan dahsyat, namun upaya pemecahan masalah kesehatan masyarakat secara menyeluruh belum dilakukan oleh orang pada zamannya.

Periode Ilmu Pengetahuan kesehatan masyarakat

Periode Ilmu Pengetahuan kesehatan masyarakat

Bangkitnya ilmu pengetahuan pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19 mempunyai dampak yang luas terhadap segala aspek kehidupan manusia, termasuk kesehatan. Kalau pada abad-abad sebelumnya masalah kesehatan khususnya penyakit hanya dilihat sebagai fenomena biologis dan pendekatan yang dilakukan hanya secara biologis yang sempit, maka mulai abad ke-19 masalah kesehatan adalah masalah yang kompleks. Oleh sebab itu pendekatan masalah kesehatan harus dilakukan secara komprehensif, multisektoral.

Disamping itu pada abad ilmu pengetahuan ini juga mulai ditemukan berbagai macam penyebab penyakit dan vaksin sebagai pencegah penyakit. Louis Pasteur telah berhasil menemukan vaksin untuk mencegah penyakit cacar, Joseph Lister menemukan asam carbol (carbolic acid) untuk sterilisasi ruang operasi dan William Marton menemukan ether sebagai anestesi pada waktu operasi.

Penyelidikan dan upaya-upaya kesehatan masyarakat secara ilmiah mulai dilakukan pada tahun 1832 di Inggris. Pada waktu itu sebagian besar rakyat Inggris terserang epidemi (wabah) kolera, terutama terjadi pada masyarakat yang tinggal di perkotaan yang miskin. Kemudian parlemen Inggris membentuk komisi untuk penyelidikan dan penanganan masalah wabah kolera ini.

Edwin Chadwich seorang pakar sosial (social scientist) sebagai ketua komisi ini akhirnya melaporkan hasil penyelidikannya sebagai berikut : Masyarakat hidup di suatu kondisi sanitasi yang jelek, sumur penduduk berdekatan dengan aliran air kotor dan pembuangan kotoran manusia. Air limbah yang mengalir terbuka tidak teratur, makanan yang dijual di pasar banyak dirubung lalat dan kecoa. Disamping itu ditemukan sebagian besar masyarakat miskin, bekerja rata-rata 14 jam per hari, dengan gaji yang dibawah kebutuhan hidup. Sehingga sebagian masyarakat tidak mampu membeli makanan yang bergizi.

Laporan Chadwich ini dilengkapi dengan analisis data statistik yang bagus dan sahih. Berdasarkan laporan hasil penyelidikan Chadwich ini, akhirnya parlemen mengeluarkan undang-undang yang isinya mengatur upaya-upaya peningkatan kesehatan penduduk, termasuk sanitasi lingkungan, sanitasi tempat-tempat kerja, pabrik dan sebagainya. Pada tahun 1848, John Simon diangkat oleh pemerintah Inggris untuk menangani masalah kesehatan penduduk (masyarakat).

Pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 mulai dikembangkan pendidikan untuk tenaga kesehatan yang profesional. Pada tahun 1893 John Hopkins, seorang pedagang wiski dari Baltimore Amerika mempelopori berdirinya universitas dan didalamnya terdapat sekolah (Fakultas) Kedokteran.

Mulai tahun 1908 sekolah kedokteran mulai menyebar ke Eropa, Canada dan sebagainya. Dari kurikulum sekolah-sekolah kedokteran tersebut terlihat bahwa kesehatan masyarakat sudah diperhatikan. Mulai tahun kedua para mahasiswa sudah mulai melakukan kegiatan penerapan ilmu di masyarakat.

Pengembangan kurikulum sekolah kedokteran sudah didasarkan kepada suatu asumsi bahwa penyakit dan kesehatan itu merupakan hasil interaksi yang dinamis antara faktor genetik, lingkungan fisik, lingkungan sosial (termasuk kondisi kerja), kebiasaan perorangan dan pelayanan kedokteran / kesehatan.

Dari segi pelayanan kesehatan masyarakat, pada tahun 1855 pemerintah Amerika telah membentuk Departemen Kesehatan yang pertama kali. Fungsi departemen ini adalah menyelenggarakan pelayanan kesehatan bagi penduduk (public), termasuk perbaikan dan pengawasan sanitasi lingkungan.

Departemen kesehatan ini sebenarnya merupakan peningkatan departemen kesehatan kota yang telah dibentuk di masing-masing kota, seperti Baltimor telah terbentuk pada tahun 1798, South Carolina tahun 1813, Philadelphia tahun 1818, dan sebagainya.

Pada tahun 1872 telah diadakan pertemuan orang-orang yang mempunyai perhatian kesehatan masyarakat baik dari universitas maupun dari pemerintah di kota New York. Pertemuan tersebut menghasilkan Asosiasi Kesehatan Masyarakat Amerika (American Public Health Association).

Perkembangan di Indonesia
Sejarah perkembangan kesehatan masyarakat di Indonesia dimulai sejak pemerintahan Belanda pada abad ke-16. Kesehatan masyarakat di Indonesia pada waktu itu dimulai dengan adanya upaya pemberantasan cacar dan kolera yang sangat ditakuti masyarakat pada waktu itu.

Kolera masuk di Indonesia tahun 1927 dan tahun 1937 terjadi wabah kolera eltor di Indonesia kemudian pada tahun 1948 cacar masuk ke Indonesia melalui Singapura dan mulai berkembang di Indonesia. Sehingga berawal dari wabah kolera tersebut maka pemerintah Belanda pada waktu itu melakukan upaya-upaya kesehatan masyarakat.

Namun demikian di bidang kesehatan masyarakat yang lain pada tahun 1807 pada waktu pemerintahan Gubernur Jenderal Daendels, telah dilakukan pelatihan dukun bayi dalam praktek persalinan. Upaya ini dilakukan dalam rangka penurunan angka kematian bayi yang tinggi pada waktu itu.

Akan tetapi upaya ini tidak berlangsung lama karena langkanya tenaga pelatih kebidanan kemudian pada tahun 1930 dimulai lagi dengan didaftarnya para dukun bayi sebagai penolong dan perawatan persalinan. Selanjutnya baru pada tahun 1952 pada zaman kemerdekaan pelatihan secara cermat dukun bayi tersebut dilaksanakan lagi.

Pada tahun 1851 sekolah dokter Jawa didirikan oleh dr. Bosch, kepala pelayanan kesehatan sipil dan militer dan dr. Bleeker di Indonesia. Kemudian sekolah ini terkenal dengan nama STOVIA (School Tot Oplelding Van Indiche Arsten) atau sekolah untuk pendidikan dokter pribumi. Setelah itu pada tahun 1913 didirikan sekolah dokter yang kedua di Surabaya dengan nama NIAS (Nederland Indische Arsten School).

Pada tahun 1927, STOVIA berubah menjadi sekolah kedokteran dan akhirnya sejak berdirinya Universitas Indonesia tahun 1947 berubah menjadi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia. Kedua sekolah tersebut mempunyai andil yang sangat besar dalam menghasilkan tenaga-tenaga (dokter-dokter) yang mengembangkan kesehatan masyarakat Indonesia.

Tidak kalah pentingnya dalam mengembangkan kesehatan masyarakat di Indonesia adalah berdirinya Pusat Laboratorium Kedokteran di Bandung pada tahun 1888. Kemudian pada tahun 1938, pusat laboratorium ini berubah menjadi Lembaga Eykman dan selanjutnya disusul didirikan laboratorium lain di Medan, Semarang, Makassar, Surabaya dan Yogyakarta.

Laboratorium-laboratorium ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam rangka menunjang pemberantasan penyakit seperti malaria, lepra, cacar dan sebagainya bahkan untuk bidang kesehatan masyarakat yang lain seperti gizi dan sanitasi.

Pada tahun 1922 pes masuk Indonesia dan pada tahun 1933, 1934 dan 1935 terjadi epidemi di beberapa tempat, terutama di pulau Jawa. Kemudian mulai tahun 1935 dilakukan program pemberantasan pes ini dengan melakukan penyemprotan DDT terhadap rumah-rumah penduduk dan juga vaksinasi massal. Tercatat pada tahun 1941, 15.000.000 orang telah memperoleh suntikan vaksinasi.

Pada tahun 1925, Hydrich, seorang petugas kesehatan pemerintah Belanda melakukan pengamatan terhadap masalah tingginya angka kematian dan kesakitan di Banyumas-Purwokerto pada waktu itu. Dari hasil pengamatan dan analisisnya tersebut ini menyimpulkan bahwa penyebab tingginya angka kematian dan kesakitan ini adalah karena jeleknya kondisi sanitasi lingkungan.

Masyarakat pada waktu itu membuang kotorannya di sembarang tempat, di kebun, selokan, kali bahkan di pinggir jalan padahal mereka mengambil air minum juga dari kali. Selanjutnya ia berkesimpulan bahwa kondisi sanitasi lingkungan ini disebabkan karena perilaku penduduk.

Oleh sebab itu, untuk memulai upaya kesehatan masyarakat, Hydrich mengembangkan daerah percontohan dengan melakukan propaganda (pendidikan) penyuluhan kesehatan. Sampai sekarang usaha Hydrich ini dianggap sebagai awal kesehatan masyarakat di Indonesia.

Memasuki zaman kemerdekaan, salah satu tonggak penting perkembangan kesehatan masyarakat di Indonesia adalah diperkenalkannya Konsep Bandung (Bandung Plan) pada tahun 1951 oleh dr. Y. Leimena dan dr. Patah, yang selanjutnya dikenal dengan Patah-Leimena.

Dalam konsep ini mulai diperkenalkan bahwa dalam pelayanan kesehatan masyarakat, aspek kuratif dan preventif tidak dapat dipisahkan. Hal ini berarti dalam mengembangkan sistem pelayanan kesehatan di Indonesia kedua aspek ini tidak boleh dipisahkan, baik di rumah sakit maupun di puskesmas.

Selanjutnya pada tahun 1956 dimulai kegiatan pengembangan kesehatan sebagai bagian dari upaya pengembangan kesehatan masyarakat. Pada tahun 1956 ini oleh dr. Y. Sulianti didirikan Proyek Bekasi (tepatnya Lemah Abang) sebagai proyek percontohan atau model pelayanan bagi pengembangan kesehatan masyarakat pedesaan di Indonesia dan sebagai pusat pelatihan tenaga kesehatan.

Proyek ini disamping sebagai model atau konsep keterpaduan antara pelayanan kesehatan pedesaan dan pelayanan medis, juga menekankan pada pendekatan tim dalam pengelolaan program kesehatan.

Untuk melancarkan penerapan konsep pelayanan terpadu ini terpilih 8 desa wilayah pengembangan masyarakat yaitu Inderapura (Sumatera Utara), Lampung, Bojong Loa (Jawa Barat), Sleman (Jawa Tengah), Godean (Yogyakarta), Mojosari (Jawa Timur), Kesiman (Bali) dan Barabai (Kalimantan Selatan). Kedelapan wilayah tersebut merupakan cikal bakal sistem puskesmas sekarang ini.

Sejarah kesehatan masyarakat (puskesmas)

Sejarah kesehatan masyarakat (puskesmas)

Pada bulan November 1967, dilakukan seminar yang membahas dan merumuskan program kesehatan masyarakat terpadu sesuai dengan kondisi dan kemampuan rakyat Indonesia. Pada waktu itu dibahas konsep puskesmas yang dibawakan oleh dr. Achmad Dipodilogo yang mengacu kepada konsep Bandung dan Proyek Bekasi. Kesimpulan seminar ini adalah disepakatinya sistem puskesmas yang terdiri dari tipe A, B, dan C.

Dengan menggunakan hasil-hasil seminar tersebut, Departemen Kesehatan menyiapkan rencana induk pelayanan kesehatan terpadu di Indonesia. Akhirnya pada tahun 1968 dalam rapat kerja kesehatan nasional, dicetuskan bahwa puskesmas adalah merupakan sistem pelayanan kesehatan terpadu yang kemudian dikembangkan oleh pemerintah (Departemen Kesehatan) menjadi Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat (Puskesmas).

Puskesmas disepakati sebagai suatu unit pelayanan kesehatan yang memberikan pelayanan kuratif dan preventif secara terpadu, menyeluruh dan mudah dijangkau dalam wilayah kerja kecamatan atau sebagian kecamatan, di kotamadya atau kabupaten.

Kegiatan pokok puskesmas mencakup :
1. Kesehatan ibu dan anak
2. Keluarga berencana
3. Gizi
4. Kesehatan lingkungan
5. Pencegahan penyakit menular
6. Penyuluhan kesehatan masyarakat
7. Pengobatan
8. Perawatan kesehatan masyarakat
9. Usaha kesehatan gizi
10 Usaha kesehatan sekolah
11 Usaha kesehatan jiwa
12 Laboratorium
13 Pencatatan dan pelaporan

Pada tahun 1969, sistem puskesmas hanya disepakati 2 saja, yakni tipe A dan B dimana tipe A dikelola oleh dokter sedangkan tipe B hanya dikelola oleh paramedis. Dengan adanya perkembangan tenaga medis maka akhirnya pada tahun 1979 tidak diadakan perbedaan puskesmas tipe A atau tipe B, hanya ada satu tipe puskesmas yang dikepalai oleh seorang dokter.

Pada tahun 1979 juga dikembangkan 1 piranti manajerial guna penilaian puskesmas yakni stratifikasi puskesmas sehingga dibedakan adanya :
1. Strata 1 : puskesmas dengan prestasi sangat baik
2. Strata 2 : puskesmas dengan prestasi rata-rata atau standar
3. Strata 3 : puskesmas dengan prestasi dibawah rata-rata

Selanjutnya puskesmas juga dilengkapi dengan 2 piranti manajerial yang lain, yakni micro planning untuk perencanaan dan lokakarya mini (Lokmin) untuk pengorganisasian kegiatan dan pengembangan kerjasama tim. Akhirnya pada tahun 1984 tanggung jawab puskesmas ditingkatkan lagi dengan berkembangnya program paket terpadu kesehatan dan keluarga berencana (Posyandu).

Program ini mencakup :
1. Kesehatan ibu dan anak
2. Keluarga berencana
3. Gizi
4. Penanggulangan penyakit diare
5. Imunisasi

Puskesmas mempunyai tanggung jawab dalam pembinaan dan pengembangan Posyandu di wilayah kerjanya masing-masing.

Batasan lain disampaikan oleh Ikatan Dokter Amerika (1948). Kesehatan masyarakat adalah ilmu dan seni memelihara, melindungi dan meningkatkan kesehatan masyarakat melalui usaha-usaha pengorganisasian masyarakat. Batasan ini mencakup pula usaha-usaha masyarakat dalam pengadaan pelayanan kesehatan, pencegahan dan pemberantasan penyakit.

Dari perkembangan batasan kesehatan masyarakat seperti tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa kesehatan masyarakat itu meluas dari hanya berurusan sanitasi, teknik sanitasi, ilmu kedokteran kuratif, ilmu kedokteran pencegahan sampai dengan ilmu sosial dan itulah cakupan ilmu kesehatan masyarakat.

Definisi Kesehatan Masyarakat

Definisi Kesehatan Masyarakat

Sudah banyak para ahli kesehatan membuat batasan kesehatan masyarakat ini. Secara kronologis batasan-batasan kesehatan masyarakat mulai dengan batasan yang sangat sempit sampai batasan yang luas seperti yang kita anut saat ini dapat diringkas sebagai berikut.

Batasan yang paling tua, dikatakan bahwa kesehatan masyarakat adalah upaya-upaya untuk mengatasi masalah-masalah sanitasi yang mengganggu kesehatan. Dengan kata lain kesehatan masyarakat adalah sama dengan sanitasi. Upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan sanitasi lingkungan adalah merupakan kegiatan kesehatan masyarakat.

Kemudian pada akhir abad ke-18 dengan diketemukan bakter-bakteri penyebab penyakit dan beberapa jenis imunisasi, kegiatan kesehatan masyarakat adalah pencegahan penyakit yang terjadi dalam masyarakat melalui perbaikan sanitasi lingkungan dan pencegahan penyakit melalui imunisasi.

Pada awal abad ke-19, kesehatan masyarakat sudah berkembang dengan baik, kesehatan masyarakat diartikan suatu upaya integrasi antara ilmu sanitasi dengan ilmu kedokteran. Sedangkan ilmu kedokteran itu sendiri merupakan integrasi antara ilmu biologi dan ilmu sosial. Dalam perkembangan selanjutnya, kesehatan masyarakat diartikan sebagai aplikasi dan kegiatan terpadu antara sanitasi dan pengobatan (kedokteran) dalam mencegah penyakit yang melanda penduduk atau masyarakat.

Oleh karena masyarakat sebagai objek penerapan ilmu kedokteran dan sanitasi mempunyai aspek sosial ekonomi dan budaya yang sangat kompleks. Akhirnya kesehatan masyarakat diartikan sebagai aplikasi keterpaduan antara ilmu kedokteran, sanitasi, dan ilmu sosial dalam mencegah penyakit yang terjadi di masyarakat.

Dari pengalaman-pengalaman praktek kesehatan masyarakat yang telah berjalan sampai pada awal abad ke-20, Winslow (1920) akhirnya membuat batasan kesehatan masyarakat yang sampai sekarang masih relevan sebagai berikut : kesehatan masyarakat (public health) adalah ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup dan meningkatkan kesehatan melalui usaha-usaha pengorganisasian masyarakat untuk :

a. Perbaikan sanitasi lingkungan
b. Pemberantasan penyakit-penyakit menular
c. Pendidikan untuk kebersihan perorangan
d. Pengorganisasian pelayanan-pelayanan medis dan perawatan untuk diagnosis
dini dan pengobatan
e. Pengembangan rekayasa sosial untuk menjamin setiap orang terpenuhi
kebutuhan hidup yang layak dalam memelihara kesehatannya.

Dari batasan tersebut tersirat bahwa kesehatan masyarakat adalah kombinasi antara teori (ilmu) dan praktek (seni) yang bertujuan untuk mencegah penyakit, memperpanjang hidup dan meningkatkan kesehatan penduduk (masyarakat). Ketiga tujuan tersebut sudah barang tentu saling berkaitan dan mempunyai pengertian yang luas. Untuk mencapai ketiga tujuan pokok tersebut, Winslow mengusulkan cara atau pendekatan yang dianggap paling efektif adalah melalui upaya-upaya pengorganisasian masyarakat.

Pengorganisasian masyarakat dalam rangka pencapaian tujuan-tujuan kesehatan masyarakat pada hakekatnya adalah menghimpun potensi masyarakat atau sumber daya (resources) yang ada didalam masyarakat itu sendiri untuk upaya-upaya preventif, kuratif, promotif dan rehabilitatif kesehatan mereka sendiri.

Pengorganisasian masyarakat dalam bentuk penghimpunan dan pengembangan potensi dan sumber-sumber daya masyarakat dalam konteks ini pada hakekatnya adalah menumbuhkan, membina dan mengembangkan partisipasi masyarakat di bidang pembangunan kesehatan.

Menumbuhkan partisipasi masyarakat tidaklah mudah, memerlukan pengertian, kesadaran, dan penghayatan oleh masyarakat terhadap masalah-masalah kesehatan mereka sendiri, serta upaya-upaya pemecahannya. Untuk itu diperlukan pendidikan kesehatan masyarakat melalui pengorganisasian dan pengembangan masyarakat. Jadi pendekatan utama yang diajukan oleh Winslow dalam rangka mencapai tujuan-tujuan kesehatan masyarakat sebenarnya adalah salah satu strategi atau pendekatan pendidikan kesehatan.

Selanjutnya Winslow secara implisit mengatakan bahwa kegiatan kesehatan masyarakat itu mencakup a) sanitasi lingkungan b) pemberantasan penyakit c) pendidikan kesehatan (higiene) d) manajemen (pengorganisasian) pelayanan kesehatan dan e) pengembangan rekayasa sosial dalam rangka pemeliharaan kesehatan masyarakat.

Dari 5 bidang kegiatan kesehatan masyarakat tersebut, 2 kegiatan diantaranya yakni kegiatan pendidikan higiene dan rekayasa sosial adalah menyangkut kegiatan pendidikan kesehatan. Sedangkan kegiatan bidang sanitasi, pemberantasan penyakit dan pelayanan kesehatan sesungguhnya tidak sekedar penyediaan sarana fisik, fasilitas kesehatan dan pengobatan saja tetapi perlu upaya pemberian pengertian dan kesadaran kepada masyarakat tentang manfaat serta pentingnya upaya-upaya atau fasilitas fisik tersebut dalam rangka pemeliharaan, peningkatan dan pemulihan kesehatan mereka. Apabila tidak disertai dengan upaya-upaya ini maka sarana-sarana atau fasilitas pelayanan tersebut tidak atau kurang berhasil serta optimal.